Nasional

Ketua MPR RI Melalui Gerak BS Bantu Korban Banjir Bandang di Pulau Sumba

Oleh : very - Selasa, 13/04/2021 23:59 WIB

Beberapa jenis bantuan yang telah didistribusikan melalui aksi “Gerak BS Peduli” di antaranya bahan makanan seperti beras, indomie, kopi-gula, pakaian termasuk pakaian bayi, dan alat-alat sekolah bagi para pelajar. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo selaku Pembina Gerak  BS (Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas) mendonasikan bantuan sosial berupa kebutuhan darurat bagi masyarakat korban banjir bandang yang melanda Pulau Sumba, khususnya di wilayah Kabupaten Sumba Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Beberapa jenis bantuan yang telah didistribusikan melalui aksi “Gerak BS Peduli” di antaranya bahan makanan seperti beras, indomie, kopi-gula, pakaian termasuk pakaian bayi, dan alat-alat sekolah bagi para pelajar.

Pengurus pusat Gerak BS yang juga berasal dari Pulau Sumba, Rudi Kabunang, Selasa (13/4/2021) mengonfirmasikan perihal realisasi bantuan tersebut berlangsung lancar.

Rudi yang dalam kepengurusan pusat Gerak BS duduk sebagai Direktur Bidang Advokasi, menjelaskan, bantuan tersebut sudah sampai ke tangan warga terdampak, hanya beberapa hari setelah banjir bandang melanda NTT pada Minggu 4 April yang lalu.

Rudi mengatakan dirinya langung berkoordinasi dengan Ketua Umum Gerak BS Dwi Aroem Hadiatie untuk mengatur pola distribusi bantuan dari Ketua MPR RI dan Gerak BS Peduli, sehingga tiba di lokasi terdampak bencana dan diterima secara tepat oleh warga yang menjadi korban. 

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Gerak BS kepada warga masyarakat yang terdampak banjir di daerah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Semoga bantuan yang tak seberapa ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir bandang di Pulau Sumba, serta semakin memperkokoh sifat dan rasa gotong-royong di antara sesama anak-anak bangsa Indonesia,” ujar Rudi, mengutip pesan Ketua Umum Gerak BS Dwi Aroem Hediatie.

Menurut Rudi, koordinasi lapangan mengenai distribusi bantuan ke Pulau Sumba berlangsung dengan baik karena keterlibatan aktif dari tim Gerak BS Peduli yang ada di Sumba Timur di antaranya Diki Dongga dan Nyong Pandabanjal.

Bantuan dari Ketua MPR RI melalui Gerak BS Peduli itu telah tiba di  tangan warga Desa Katikutana, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur.  Bantuan diterima langsung oleh tokoh masyarakat setempat, Umbu Huri Hamanai dengan disaksikan oleh Plt Kepala Desa. 

Selain Katikutana, bantuan Gerak BS Peduli juga telah didistribusikan ke beberapa desa-desa wilayah pedalaman di antaranya ke Lawinu, Praibakul, Tanarara. 

“Sudah ada dua kecamatan di Sumba Timur yang tersentuh bantuan Gerak BS Peduli yakni Kecamatan Matawai La Pawu dan Kecamatan Kambera,” pungkas Rudi.  (*)

 

 

 

Artikel Terkait