Bisnis

Optimalkan Asset, PTPN IX Kembangkan Kawasan Tambak Udang di Kabupaten Pemalang

Oleh : Mancik - Rabu, 28/04/2021 18:15 WIB

PT Perkebunan Nusantara IX sebagai anak perusahaan Holding Perkebunan melaksanakan penandatangan MOU pengembangan kawasan tambak udang vannamei di afdeling Pesantren Unit kebun Semugih, Kabupaten Pemalang.(Foto:Istimewa)

Pemalang, INDONEWS.ID - PT Perkebunan Nusantara IX sebagai anak perusahaan Holding Perkebunan melaksanakan penandatangan MOU pengembangan kawasan tambak udang vannamei di afdeling Pesantren Unit kebun Semugih, Kabupaten Pemalang. Rabu, (28/04/2021).

Kerjasama pemanfaatan dan pengembangan areal udang vannamei dilakukan dengan Foss Group dimana salah satu anak perusahaannya (PT Foss Alam Nusantara) bergerak di bidang Industri perikanan, budidaya udang, hasil olahan serta logistic export import.

Direktur PT Perkebunan Nusantara IX, Tio Handoko menyampaikan, kerjasama yang dilakukan merupakan bentuk pelaksanaan program optimalisasi aset yang menjadi salah satu program Holding Perkebunan.

Dalam hal ini PTPN IX melakukan diversifikasi usaha dengan mitra untuk pemanfaatan aset yang memiliki potensi sumber daya untuk budidaya perikanan maupun potensi lainnya seperti raw material.

Diharapkan dengan kerjasama ini dapat memberikan benefit bagi PTPN IX atas aset yang masih memiliki peluang usaha selain bisnis perkebunan Komisaris PT Foss Alam Nusantara - Jenderal (Purn) Rusiadi menambahkan kerjasama yang dilaksanakan akan melibatkan masyarakat sekitar afdeling pesantren khususnya para santri untuk diprioritaskan menjadi mitra dalam pengembangan budidaya udang.

Rusiadi menyampaikan, kawasan akan dikembangkan menjadi kawasan industri perikanan yang terintegrasi mulai dari hulu hingga ke hilir mulai dari pengembangan budidaya, pemasaran dan dapat menjadi Centre of Excelence budidaya perikanan di Kabupaten Pemalang.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo yang turut menyaksikan penandatanganan MoU menyambut baik sinergi diantara 2 perusahaan dengan harapan mampu memberikan peluang kerja baru bagi masyarakat kabupaten Pemalang dan secara langsung meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati juga berharap, industri terpadu perikanan ini dapat terintegrasi menjadi pusat pendidikan khususnya di bidang industri perikanan dan membuka peluang pengembangan industri pendukung lainnya yang bisa ddisinergikan melalui BUMD di Kabupaten Pemalang.

Adapun PTPN IX menyiapkan kurang lebih 200 Hektar lahan di Afdeling Pesantren yang siap untuk dikembangkan menjadi tambak udang, berbatasan langsung dengan pantai utara Laut Jawa.*

 

Artikel Terkait