Nasional

LaNyalla Mattalitti Ingatkan APDESI Soal Penggunaan Dana Desa

Oleh : Marsi Edon - Sabtu, 01/05/2021 16:42 WIB

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengingatkan kepada Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), terkait dengan penggunaan dana desa. Hal ini ia sampaikan pada pertemua dengan APDESI yang diikuti oleh Ketua Umum APDESI Suhardi Buyung, Sekjen APDESI Ipin Arifin dan beberapa pengurus inti APDESI.Jumat,(30/04/2021)

Pada kesempatan tersebut, LaNyalla menegaskan, kepala desa memiliki peran penting dalam pengelolaan dana desa sejak adanya UU tentang desa. Kepala Desa menjadi pusat pengaturan tata kelola keuangan desa untuk membiayai seluruh pos-pos pembangunan yang telah direncanakan di tingkat pemerintah desa.

"Kunci sukses program pemerintah salah satunya berada di tangan para kepala desa," kata LaNyalla di sela-sela pertemuan tersebut.

Keberadaan UU Desa, jelas senator asal Jawa Timur, menjadi peluang bagi kepala desa di Indonesia untuk mengelola potensi yang ada di masing-masing desa. Tentu, pengelolaan potensi desa ini dilakukan berdasarkan pengaturan pembiayaan yang telah diatur dalam UU Desa.

Kepala Desa dapat mengelola Bumdes sebagai salah satu sumber penggerak ekonomi desa. Ini merupakan salah pilihan terbaik sehingga dapat meningkat pendapatan pemerintah desa.

"Dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat kepada daerah ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Tentunya untuk mensejahterakan masyarakat desa," jelasnya.

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu juga mengingatkan, para kepala desa perlu mengelola dana desa sesuai dengan ketentuan hukum yang ada sehingga terhindar dari masalah hukum.

"Saya cuma wanti-wanti saja, dana desa ini jumlahnya besar. Pengelolaannya harus transparan dan tepat. Jangan pernah main-main dalam pemakaiannya. Harus benar-benar bermanfaat bagi kepentingan rakyat," jelas alumnus Universitas Brawijaya Malang itu.

APDESI sendiri bersilaturahmi dengan LaNyalla karena menganggap sosok Ketua DPD RI itu sangat mengerti permasalahan desa.

"Pak LaNyalla sudah keliling hampir seluruh Indonesia. Beliau sangat tahu problem desa. Makanya kami semua di sini ingin meminta saran dan solusi agar kami lebih mudah dalam mensejahterakan masyarakat," kata Ketua Umum APDESI Suhardi Buyung.*

 

 

Loading...

Artikel Terkait