Nasional

Mengenal Alumni SMA Negeri 3 Jakarta Jadi Perwira Tinggi TNI

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 07/05/2021 11:45 WIB

Alumni SMA Negeri 3 Jakarta: Karev Marpaung, Kunto Arief Wibowo dan Arkamelvi Karmani (Foto: Collage)

Sosok, INDONEWS.ID - Media Indonews.id kembali menghadirkan beberapa orang alumni SMA Negeri 3 Jakarta yang berprestasi.

Mereka yang dihadirkan dalam tulisan kali ini merupakan para alumni yang berprestasi dan menduduki jabatan penting di militer yakni TNI.

Lulusan sekolah yang dijuluki SMA Teladan ini merupakan Perwira Tinggi (Pati) TNI antara lain Brigjen Kunto Arief Wibowo, Brigjen Arkamelvi Karmani dan Brigjend Katev Marpaung.

Sebagai informasi, SMA Negeri 3 Jakarta akan merayakan ulang tahun ke-68 pada 24 Oktober mendatang.

Nah, seperti apa jejak perjalanan karir mereka di institusi Tentara Nasional Indonesia (TNI), simak selengkapnya!

Kunto Arief Wibowo

Masih ingat mantan Wakil Presiden RI era Soeharto, yakni Try Sutrisno?! Selain sosoknya dikenal sebagai Wakil Presiden RI ke-6 periode 1993-1998, namanya juga melekat kuat di kalangan militer karena pernah menjabat sebagai Panglima ABRI.

Saat ini, salah satu putranya, yakni Kunto Arief Wibowo sudah menjadi Brigadir Jenderal TNI. Bila melihat perjalanan karirnya di militer, seperti Brigjen Kunto Arief tengah meniti jalan yang pernah dilewati ayahnya.

Merujuk pada informasi dan data yang dihimpun media ini dari berbagai sumber, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo lahir di Surabaya, Jawa Timur pada 15 Maret 1971.

Alumni SMA Negeri 3 Jakarta ini adalah seorang perwira tinggi TNI AD yang mulai tanggal 9 April 2020 memegang jabatan sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer III/Siliwangi.

Kunto, lulusan Akmil 1992 ini dari kecabangan Infanteri. Sebelumnya, jenderal bintang satu ini menduduki jabatan sebagai Komandan Korem 032/Wirabraja.

Beberapa jabatan di TNI yang pernah didapuknya antara lain Komandan Pleton (Danton) Yonif Linud 502/Ujwala Yudha, Danton Yonif Linud 412/Bharata Eka Sakti.

Pada 2007 hingga 2008, Kunto menduduki posisi Kasi-2/Ops Korem 083/Baladhika Jaya; Danyonif 500/Raider; Dansatdik Sussarcab Pusdikif Pussenif.

Selanjutnya, pada 2010 hingga 2012, Kunto menjabat sebagai Kepala Staf Brigade Infanteri (Kasbrigif) 13/Galuh; Komandan Brigade Infanteri (Danbrigif) 6/Trisakti Baladaya.

Kemudian pada 2013, Kunto menjadi Kepala Departemen Teknik Akmil; Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Kodam (Kasdam) IX/Udayana; Danrem 044/Garuda Dempo; Danpuslatpur Kodiklatad.

Ia kemudian menjadi Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja sebelum menjadi Kepala Staf Kodam III Siliwangi hingga sekarang.

Pemimpin Redaksi Indonews.id Drs. Asri Hadi bersama mantan Wakil Presiden Era Soeharto, Try Sutrisno

Melihat perjalanan karir cemerlang seorang Brigjen Kunto, ia berpeluang besar menjadi pemimpin di TNI seperti prestasi yang dicapai ayahnya, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno.

"Berkaca pada perjalanan karirnya, Brigjend Kunto Arief Wibowo bisa menjadi pemimpin TNI mengikuti jejak ayahnya, Jendral TNI (purn) Try Sutrisno," kata Pemred Indonews.id selaku Dosen SESKOAL, sekaligus juga sosok yang telah berteman lama dengan Try Sutrisno.

Arkamelvi Karmani

Alumni SMA Negeri 3 Jakarta lainnya yang berprestasi di institusi Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah Brigjen TNI Arkamelvi Karmani.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1989 di Magelang, yang dibesarkan di lingkungan Batalyon Infanteri Kostrad sejak tahun 1990 - 2000 ini banyak berkecimpung menduduki jabatan di Staf Operasi dan Latihan TNI.

Ia pernha menjadi Staf Operasi Mabes TNI dan Mabes TNI AD. Kemudian ia juga pernha menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) di Kodam VII di Makasar dan terakhir saat ini sebagai Direktur Latihan di Kodiklat TNI.

Arkamelvi juga tercatat pernah memegang jabatan Komandan dari Komandan Batalyon Infanteri, Komandan Kodim dan Komandan Korem.

Ia mempunyai pengalaman melaksanakan operasi tempur di dalam dan di Luar Negeri yakni di Timor Timur dan Papua serta ikut misi operasi Perdamaian PBB di Kamboja.

Arkamelvi juga pernah menjabat sebagai Koordinator Auditor di Inspektorat TNI dan dengan mengikuti beberapa Pendidikan Auditor di BPKP.

Pengabdiannya sebagai prajurit TNI selama 32 tahun, sehingga negara telah memberikan penghargaan 9 Satya Lencana atas dedikasinya kepada negara.

Karev Marpaung

Brigjen TNI Karev Marpaung, S.Sos., M.M merupakan Perwira Tinggi TNI yang saat ini menjabat sebagai Bandep Urusan Lingkungan Pemerintahan Negara pada Deputi Bidang Sistem Nasional Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Watanas).

Sebelumnya, pria kelahiran Jakarta 28 September 1964 ini juga mengemban tugas sebagai Bandep Urusan Lingkungan Alam pada Deputi Bidang Sistem Nasional Setjen Wantannas.

Karev telah berkiprah di TNI dan melayani negara lebih dari 34 tahun. Selama perjalanan karirnya di TNI, Karev Marpaung telah menduduki sejumlah jabatan strategis.

Sebut saja di antaranya Inspektorat Kodam (Irdam), Panglima Mess Detasemen Markas Besar Angkatan Darat Pamen Denma Mabesad), Kepala Staf Korem 174/Anim Ti Waninggap (Kasrem 174/ATW) Merauke dan masih banyak lagi jabatan strategis lainnya.

Atas dedikasinya bagi negara, sedikitnya Karev telah menerima belasan penghargaan dari pemerintah dan Institusi.

Karev Marpaung menamatkan pendidikan menengah atas dari SMA Negeri 3 Jakarta pada 1983 Jurusan IPA. Ia juga tercatat pernah menempuh pendidikan jurusan Sosial Politik di Universitas Surabaya.

Kemudian mengambil pendidikan S2 jurusan SDM di Univeristas Krisnadwipayana dan saat ini tercatat tengah menempuh jenjang S3 bidang Administrasi Bisnis di Universitas Brawijaya.*(Rikard Djegadut).

Loading...

Artikel Terkait