Nasional

Jelang Idul Fitri 1442 H, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Berikan Pelayanan Kesehatan Kepada Warga Perbatasan RI-PNG

Oleh : luska - Rabu, 12/05/2021 12:45 WIB

Keerom, INDONEWS.ID – Dalam rangka menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, tim kesehatan Pos Koki Yuruf Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista mengunjungi rumah-rumah warga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di Kampung Amgotro, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua. 

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Letkol Inf  Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam release tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua. Rabu,  (12/05/2021). 

Dansatgas mengatakan tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista mengadakan Pelayanan Kesehatan Keliling (Yankesling) dengan mendatangi rumah-rumah Warga, untuk memberikan pelayanan kesehatan kali ini dipimpin oleh Danki Pos Koki Yuruf Lettu Inf Sugiman beserta 3 (tiga) anggota kesehatan, 1 (satu) orang Penerangan dan 4 (empat) orang tim Waltis.

“Menjaga kesehatan merupakan hal utama yang harus diupayakan untuk beraktivitas setiap hari, dengan kondisi kesehatan yang baik, setiap warga dapat melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Dansatgas.

“Kegiatan pelayanan kesehatan keliling ini rutin dilakukan setiap bulan kepada seluruh warga yang berada di wilayah binaan kami, hal ini diadakan untuk mengetahui secara dini penyakit apa yang diderita oleh warga untuk mencegah kondisi penyakit menjadi lebih buruk,” tambah Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danki Pos Koki Yuruf Satgas Pamtas Yonif 403/Wirasada Pratista Lettu Inf Sugiman mengungkapkan bahwa dalam pemeriksaan ini tidak ditemukan adanya anggota yang menderita sakit parah, namun ada beberapa warga yang mengalami luka lama baik di tangan ataupun di kaki yang tidak kunjung sembuh.
 
“Pelayanan kesehatan kali ini, Alhamdulillah tidak ditemukan adanya warga yang sakit kronis, hanya pengobatan luka lama yang tidak kunjung sembuh, sehingga segera kami bersihkan untuk mencegah terjadinya infeksi dan memberikan obat untuk mempercepat penyembuhan,” ucap Sugiman. 

Selain itu, Bapak Tadeus (51) yang juga merupakan Kepala Suku Kampung Amgotro menyampaikan ucapan terimakasih dan mendukung serta menyambut baik kedatangan Tim Kesehatan Pos Koki Yuruf atas pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan ini, dan berharap akan selalu terjalin komunikasi timbal balik yang baik antara Satgas Pamtas Yonif 403/WP dengan warga kampung Amgotro serta kegiatan ini dapat terus dilaksanakan.

"Terimakasih bapak-bapak TNI Pos Yuruf yang sudah membantu masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Dusun Amgotro, sehingga dapat membantu meringankan beban hidup warga yang sedang dilanda sakit," ucap Tadeus.

Akhirnya, tidak lupa Sugiman berpesan kepada warga untuk selalu menjaga kesehatan secara rutin dengan rutin berolahraga, baik secara individu maupun kelompok sesuai dengan hobi yang diminati, usahakan agar tubuh selalu bergerak, dan segera berobat apabila merasakan ada gejala sakit. (Lka)

Loading...

Artikel Terkait