Apakah Tim Jagoanmu Bakal Menang? Inilah Peta Setiap Grup Piala Eropa Tahun Ini

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 10/06/2021 06:30 WIB

Timnas Italia (Foto: Ist)

Oleh: Syafri Baharudin, eks Dubes WTO

Opini, INDONEWS.ID - Pluit panjang tanda dimulainya gelaran sepak bola Piala Eropa 2 hari lagi akan segera ditiup.

Agar prediksi akan tim jagoan Kita tidak melesat jauh, berikut ini adalah peta kekuatan setiap tim di setiap grup yang akan berlaga.

 
GRUP A

Dari ranking FIFA terakhir per 27 Mei 2021, Italia menempati ranking 7. Hasil Grup Kualifikasi sebagai ranking 1 tanpa pernah kalah, hasil uji coba menjelang Euro yang meyakinkan, dan utamanya perubahan mendasar di bawah Coach Roberto Mancini yang membuat Italia lebih banyak menyerang (37 gol dalam grup, hanya kalah dari Belgia dengan 40 gol), serta blending pemain senior dan yunior yang berhasil, ditambah ketiga pertandingan grup dimainkan di Roma, tak ayal Italia jadi favorit juara grup.
 
Swiss ranking ke 13 FIFA, selama ini dikenal sebagai tim papan tengah. Namun sering lolos dari grup kualifikasi dan tidak mudah dikalahkan.
 
Kali ini susunan pemain Swiss tidak banyak berubah. Shaqiri (Liverpool), Xhaka (Arsenal), dan Schar (Newcastle) akan menjadi tulang punggung Swiss.
 
Harapan lolos ke 16 besar tetap ada dengan catatan menjaga selisih gol selain tentu saja berupaya meraih poin dalam setiap pertandingan.
 
Wales ranking ke-17 FIFA. Akhir-akhir ini kurang menunjukkan tajinya. Bale (Spurs)-sang Kapten kurang jam terbang menjelang Euro. Team-matesnya Davies dan Rodon, serta James (MU) dan Neco Williams (Liverpool) akan mendampingi Bale sbg core team.
 
Lolos sebagai ranking 2 dalam grup kualifikasi dan hasil uji coba yang kurang meyakinkan (0-3 dari Perancis dan 0-0 versus Albania), sepertinya menjadi indikasi sulit buat Wales untuk lolos dari grup, apalagi mengulang prestasi semi-finalis Euro 2016.
 
Turki ranking ke-29 FIFA, merupakan salah satu tim yang berpotensi membuat kejutan. Back tengah-Kabak (Liverpool) dan back kiri-Soyuncu (Leicester) membuat lini belakang cukup kuat.
 
Sementara Cengiz Under menjadi andalan lini depan. Bintang mereka saat ini adalah Hakan Calhanoglu-Midfield (Milan-calon MU), sebagai spesialis Free-kick/set piece dan tekniknya dianggap prototype Ronaldo.
 
Hasil uji coba cukup baik dan hasil grup kualifikasi juga cukup baik, ranking 2 dibawah Perancis, tetapi di atas Islandia. Berpeluang untuk mendampingi Italia maju ke babak 16 besar.
 
PREDIKSI: Italia-Turki-Swiss-Wales.
 
GRUP B
 
Belgia cukup lama bertengger sebagai ranking 1 FIFA. Generasi emas Belgia akan segera berakhir sejalan dengan bertambahnya usia pemain generasi emas seperti Lukaku dan De Bruyner. Penampilan gemilang Belgia saat mengalahkan Brazil 2-1 di Stadion Kazan, Rusia 2018 (saya melihat langsung), seolah dilupakan, karena saat berikutnya di semi-final dikalahkan Perancis 0-1. Hasil memuaskan di grup kualifikasi dengan poin sempurna 10x menang dan gol terbanyak 40, serta susunan pemain dan pelatih yang mumpuni, membuat Belgia favorit kuat juara grup.
 
Denmark membuat kejutan dengan menempati ranking 10 FIFA, di atas nama2 besar seperti Jerman, Kroasia, dan Belanda. Hasil uji coba juga cukup baik. Kjaer-Kapten (Milan), akan didampingi pemain berpengalaman Eriksen-Midfield (Inter), Schmeichel (Leicester) dan Christensen-back kanan/tengah (Chelsea), menjadi back-bone Denmark, sebagai modal untuk mendampingi Belgia menuju babak selanjutnya.
 
Rusia ranking 38 FIFA, setelah mendapatkan hasil cukup baik (quarter-final) sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, saat ini menempati posisi mediocre. Kali ini pemain kunci akan diisi oleh Golovin (Alumni 2018- Monaco) di lini tengah. Dia akan didampingi Miranchuk (Atalanta), Cheryshev (Valencia), dan Kudryashov (Antalyaspor). Hasil kualifikasi cukup baik, hanya kalah 2x versus Belgia. Bisa lolos ke babak 16 besar, meskipun sebagai ranking ke 3 grup, adalah hasil cukup realistis.
 
Finlandia ranking ke 54 FIFA, jelas sebagai underdog dalam grup ini. Bisa memaksakan hasil draw terhadap Denmark dan Rusia, sudah merupakan hasil cukup bagus. Forward-Teemu Pukki (Norwich City) akan memimpin Finlandia, bahu membahu dengan Kamara-Midfield (Ranger), Jaakkola-Kiper (Bristol Rovers), dan Forss-Forward (Brentford). Menjadi ranking 2 di grup kualifikasi di bawah Italia, namun di atas Yunani, Bosnia, dan Armenia, adalah hasil cukup bagus, namun belum cukup modal untuk ke babak 16 besar.
 
PREDIKSI: Belgia-Denmark-Rusia-Finlandia.
 
GRUP C
 
Grup ini termasuk grup agak `ringan`. Belanda ranking 16 FIFA, tertinggi di grup ini. Dengan mayoritas pemain muda, Coach De Boer memiliki pemain inti dan cadangan yang tidak jauh berbeda. Sayang di saat2 akhir, kiper utama Jasper Cillessen (Valencia) positif Covid-19, sehingga harus diganti dengan Marco Bizot (AZ Alkmaar). Hasil grup kualifikasi cukup baik sebagai ranking 2 di bawah Jerman (terpaut 2 poin). Kekalahan kandang 2-3, dibalas tunai dengan kemenangan tandang 4-2. Belanda kali ini favorit juara grup C.
 
Austria ranking 23 FIFA. Sama seperti Swiss (sesama tuan rumah Euro 2008), Austria dikenal sebagai tim papan tengah. Namun menganggap remeh mereka, jelas suatu kesalahan. Beberapa pemain berpengalaman seperti Forward -Arnautivic (West Ham), Kiper-Pervan (Watford), Back- Alaba (Bayern), dan Midfield - Sabitzer (Leipzig), tentu akan bertarung dengan sikap nothing to lose. Terbuka kesempatan untuk maju ke babak 16 besar dengan catatan menjaga selisih gol, jika harus berhitung (katakan sebagai ranking ke 3 grup) dengan tim grup lain.
 
Ukraina, ranking 24 FIFA, dikenal sebagai tim yang selalu bermain spartan untuk mengurangi kesenjangan kualitas teknik dengan tim lain. Manajer Shevchenko-legendaris Ukraina, telah memilih skuad Euronya yang antara lain termasuk Back-Zinchenko (City) dan Forward-Yarmolenko (West Ham). Kenangan Piala Dunia 2006 saat Ukraina berhasil masuk Quarter-Final, tentu harus dijadikan pemicu semangat oleh Shevchenko, yang termasuk salah satu pemain terbaik dunia saat itu. Hasil grup kualifikasi yang menempati ranking 1 di atas Portugal dan Serbia, membuat Ukraina punya modal untuk mendampingi Belanda menuju babak 16 besar.
 
Makedonia Utara, ranking 62 FIFA, merupakan tim kejutan yang pertama kali ikut Euro Cuo, walau harus melalui babak play-off, setelah hanya ranking 3 dalam grup kualifikasi. Namun dalam grup kualifikasi Piala Dunia 2022-Qatar, Makedonia Utara secara mengejutkan mengalahkan Jerman 2-1 di Jerman. Bisa saja membuat kejutan, namun bertanding 3x dalam kurun waktu 8 hari tentu berat. Pekerjaan Rumah pertama adalah mengalahkan Austria dalam pertandingan mereka dalam Grup C ini.
 
PREDIKSI: Belanda-Ukraina-Austria-Makedonia Utara.
Loading...

Artikel Terkait