Final Euro 2020: Setiap Gol Inggris, Rp 240 Miliar Melayang ke Udara

Oleh : Rulin Purba - Minggu, 11/07/2021 19:58 WIB

Fans Inggris di ajang Euro 2020, siap selebarasi dengan muncratan bir di laga final malam ini. (Foto: forbes)

indonews (Inggris) - Tak hanya Wembey Stadium. Bar, pub, dan cafe di seantero Inggris akan penuh malam ini. Menyaksikan laga final Euro 2020 antara Inggris versus Italia. Seperti tradisinya akan banyak fans Inggris yang nonton sembari nenggak bir.

Karena tradisi itu pula PM Inggris Boris Johnson mengeluarkan izin bar dan pub buka hingga tengah malam pada Minggu (11/7) malam ini pukul 20.00 waktu London atau Senin (12/7) WIB. Untuk merayakan kemenangan The Three Lions karena itulah keyakinan Inggris saat ini. Yang jelas, kalah atau menang, bir tetap menjadi bagian dari pelampiasan.

Fans Inggris  punya kebiasaan menghamburkan minumannya ke udara untuk selebrasi setiap timnasnya membuat gol. Sebaliknya jika kalah maka tak jarang kaleng bir yang dipegangnya menjadi korban, diremuk atau dibanting.

Menurut pakar keuangan di Raisin UK, diprediksi 3,2 juta isi kaleng bir akan berhamburan pada saat Inggris cetak gol pada laga bersejarah ini, kali pertama Inggris menjejak babak final Euro. Jika harga rata-rata sekaleng bir 3,69 poundsterling (di London sendiri bisa seharga 4,44), maka nilai duit yang melayang ke udara adalah sekitar 12 juta Poundsterling atau sekitar Rp 240 miliar. Itu baru untuk 1 gol. Wow!

Jika Harry Kane dkk menang, jumlah itu diperkirakan bakal berlipat karena selebarasi fans akan berlanjut sepanjang malam di berbagai venues. 

The British Beer and Pub Association memperkirakan 13 juta kaleng bir akan beredar saat laga final ini. Ini bakal ludes dalam sekejap karena ada sekitar 35 juta penonton televisi di seantero Inggris Raya yang akan menonton.

Di Indonesia sendiri diperkirakan bakal jutaan pemirsa laga ini pada dinihari nanti. Sayang tak ada pakar iseng yang sudi meriset kira-kira berapa juta cangkir kopi, berapa juta bungkus kacang, dan berapa juta bungkus rokok yang akan terserap pasar sepanjang 90 menit laga normal. (rnp)

 

 

Artikel Terkait