Daerah

Wakil Gubernur Sumbar Audy Segera Bangun Minang Science Technofark

Oleh : Mancik - Sabtu, 17/07/2021 20:17 WIB

Wakil Gubernur Sumbar Audya didampingi Bupati Tanah Datar Eka Putra memberikan keterangan pada Wartawan selesai mengunjungi BBI Rambatan.(Foto:Ist)

Tanah Datar, INDONEWS.ID - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy mengatakan, pihanya akan memanfaatkan BBI dalam bentuk Minang Science Technopark,” dalam upaya pengembangan teknologi yang akan dikhususkan di bidang pertanian. Hal itu disampaikan wakil Gubernur waktu melakukan Kunjungan ke , BBI Rambatan

Dalam kunjungan wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy didampingi Kepala Balitbang Reti Wafda, Kadis Kesehatan Arry Yuswandi, Kadis SDA dan Bina Konstruksi Rifda, Kadis Cipta Karya Fathol Bari, Kadis Pariwisata Novrial dan Kadis Pertanian, Pangan dan Hortikultura Syafrizal.

Sedangkan Rangkaian kegiatan Wagub Audy di Tanah Datar di antaranya meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Batipuh 1, meninjau Balai Benih Ikan (BBI) di Balimbing Kecamatan Rambatan, Bendungan Irigasi Batang Selo di Tanjung Emas, penyerahan bantuan 1 unit ventilator untuk RSUD MA Hanafiah Batusangkar serta penyerahan bantuan masker untuk siswa di SD 06,09 dan 16 Baringin Batusangkar.

Kemudian dalam kunjungan ke BBI Rambatan di bawah pengawasan pemerintah provinsi ini , rencana pemanfaatan BBI ke depannya.

"Balai Benih ini tidak termanfaatkan secara maksimal, rencananya dengan Balitbang dan dukungan Bupati Tanah Datar akan dibuat Minang Science Technopark,” sampai Wagub Audy.

"Tekhnopark adalah pengembangan teknologi dan akan dikhususkan di bidang pertanian, sektor hilirisasi. Dan seperti penyampaian tadi, ketersediaan air yang kurang, namun melihat kondisi langsung di lapangan, saya rasa air tidak masalah karena di sekitar lokasi ini ketersediaan air cukup. Saya meminta kepada Balitbang untuk (dibuatkan) blueprintnya. Dan perlu ditambahkan Technopart ini disamping pengembangan teknologi juga menjadi sarana edukasi teknologi bagi siswa SD ataupun SMP,” terang Wagub Audy.

Sementara Bupati Eka Putra menyambut baik kunjungan Wagub bersama rombongan di Tanah Datar.

“Kami pemerintah daerah dan masyarakat merasa terhormat dan senang kedatangan pak Wagub, kedatangan ini untuk meninjau langsung sekaligus membawa program terutama dalam bidang teknologi, dan saya bersama jajaran, siap mendukung ke depan,” ungkap bupati.

Bupati mengatakan, adanya program-program provinsi di Tanah Datar, pemerintah daerah sangat terbantu.

“Kami berterima kasih karena kami sangat terbantu dengan program-program yang dibawa ke Tanah Datar, ini sangat berarti mengingat keterbatasan APBD Kabupaten apalagi ditambah adanya refocusing anggaran,” sampainya.

Usai peninjauan lapangan, dilakukan sesi diskusi rencana pembangunan di Tanah Datar yang juga didampingi Wakil Bupati Richi Aprian.*

Artikel Terkait