Nasional

Serbuan Vaksin Maritim TNI AL Hingga ke Pulau Harapan Kepulauan Seribu

Oleh : luska - Sabtu, 24/07/2021 16:02 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Setelah Jumat kemarin, warga Pulau Panggang dan Pulau Pramuka berbondong-bondong naik ke KRI Teluk Youtefa 522 untuk vaksinasi. Sabtu (24/7) Satgas serbuan vaksin TNI AL menyerbu Pulau  Kelapa dan Pulau Harapan, Kepulauan Seribu.

Mendaratnya para vaksinator dan satgas serbuan vaksin ini karena desakan warga masyarakat dari Pulau Kelapa dan Pulau Harapan yang ingin juga mendapatkan vaksinasi untuk mengantisipasi penularan virus covid 19. Mereka menyadari pentingnya vaksin untuk kekebalan tubuh.

Dari  KRI Teluk Youtefa 522, satgas serbuan vaksin bergerak dengan menggunakan Landing Craft Personel Vehicle (LCVP) menuju Pulau Kelapa dan Pulau Harapan untuk melaksanakan vaksinasi di dua Pulau yang cukup sulit untuk dijangkau lokasinya.

Dengan disambut Camat Kepulauan Seribu Utara dan Lurah Pulau Kelapa, para Satgas serbuan vaksin segera melakukan aksinya memenuhi keinginan warga kepulauan tersebut.

Camat Kepulauan Seribu Utara menyampaikan pihaknya sangat mendukung serbuan vaksin maritim TNI AL diwilayahnya. Sesuai target vaksinasi untuk Kepulauan Seribu yakni 70 persen penduduknya untuk mencapai herd immunty.

“Dari Bupati Kepulauan Seribu, target 70 persen penduduk Kepulauan Seribu sekitar 22.000 warga agar tuntas divaksinasi dalam waktu dekat untuk mencapi herd immunty. Dan kini sudah mencapai 18.000 warga, sehingga 4000 warga lagi diharapkan akan segera tervaksin" tutur Camat Kepulauan Seribu Utara mengutip Bupati Kepulauan Seribu.

"Oleh karena itu sesuai instruksi Bupati Kepulauan Seribu, wilayahnya  harus mendukung percepatan vaksinasi" ungkap Lurah Pulau Kelapa juga turut mendampingi Camat.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah mengatakan serbuan vaksin maritim yang digelar pihaknya memang untuk mempercepat target yang diprogramkan  pemerintah.

Apalagi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono telah menginstruksikan jajarannya untuk mendukung percepatan vaksinasi kepada masyarakat. 

"Sesuai instruksi Kasal, TNI AL menyasar serbuan vaksin untuk masyarakat pesisir, kawasan pelabuhan dan masyarakat nelayan. Dan ini akan terus berlangsung hingga target tercapai" tandas Laksda TNI Arsyad Abdullah.

Tim vaksinator yang turun ke dua Pulau tersebut selain dari Dinas Kesehatan Kolinlamil, Dinas Kesehatan Mabes TNI AL, Puskesmas Pulau Kelapa, Puskesmas Pulau Harapan dan Mahasiswa Poltek Hang Tuah Jakarta.

Ini adalah kegiatan kesekian kalinya yang dilakukan secara kolaborasi, antara pihak TNI AL dengan pemerintah daerah. 

"Kami akan terus berkolaborasi dengan pihak pemerintah daerah maupun pihak lainnya dalam rangka mempercepat penanganan covid 19," ujar Panglima Kolinlamil.

Pada serbuan vaksin maritim Covid-19 hari Sabtu ini sekitar 500 orang dapat divaksin dan ini melebihi target dari rencana sebelumnya.

"Jadi antusiasme masyarakat masih sangat besar sehingga harus terpenuhi, Dan Sabtu ini kami gempur keinginan dan animo warga Pulau Kelapa dan Pulau Harapa untuk warga yang  divaksinasi," ungkapnya. (Lka)

Artikel Terkait