Nasional

Ganip Warsito: Posko PPKM Desa Ujung Tombak Pengendalian Covid-19

Oleh : Marsi Edon - Kamis, 29/07/2021 14:30 WIB

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ganip Warsito memberikan sambutan dan arahan saat meninjau pelaksanaan tugas Posko PPKM Mikro di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.(Foto:Dok.Satgas Covid-19)

Klaten, INDONEWS.ID - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Ganip Warsito, meninjau pelaksanaan tugas Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Rabu (28/7/2021).

Ganip mengatakan, Posko PPKM Mikro di daerah merupakan garda terdepan dan ujung tombak pengendalian Covid-19. Hal ini karena pelaksanaan tugas dan fungsi posko tersebut bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Karena posko PPKM di desa atau kelurahan ini adalah garda terdepan, adalah ujung tombak di dalam kita mengendalikan Covid-19 ini,” ujar Ganip.

Ganip juga menjelaskan, Covid-19 yang disebabkan virus SARS-CoV-2 atau corona jenis baru itu dibawa dan ditularkan oleh manusia ke manusia.Ia menambahkan, sampai saat ini tidak ada manusia yang kebal terhadap Covid-19.

“Jadi penyebaran Covid-19 itu disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2 yang pembawanya itu adalah manusia. Tidak ada manusia yang kebal terhadap COVID-19,” jelas Ganip.

Pada kesempatan tersebut, Ganip juga mengingatkan kembali beberapa tugas dan fungsi posko PPKM Mikro yang harus dijalankan guna menjamin masyarakat terhindar dari paparan virus corona.

Adapun fungsi yang pertama Posko PPKM Mikro menurut Ganip adalah pencegahan. Melalui tugas tersebut, masyarakat harus memiliki edukasi dan pemahaman tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan konsisten sebagai upaya pencegahan.

Karena itu, Ganip meminta semua komponen yang bertugas di dalam Posko PPKM Mikro agar dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara menyeluruh.

"Bagaimana supaya kita terhindar dari paparan virus ini, maka ini menjadi tugas dari posko PPKM di desa/kelurahan. Karena di situ ada fungsi pencegahan. Fungsi itu untuk mengedukasi, memberi sosialisasi, memberitahu, memberi pengetahuan kepada masyarakat untuk berdisiplin menerapkan protokol kesehatan," tutupnya.*

Loading...

Artikel Terkait