Gaya Hidup

Empat Band dari Indonesia Akan Tampil di ASEAN Music Showcase Festival 2021

Oleh : luska - Rabu, 11/08/2021 19:32 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - ASEAN Music Showcase Festival (AMS) akan kembali lagi untuk yang kedua kalinya. Festival ini masih dengan inisiatifnya, yaitu membantu musisi untuk tetap berkoneksi dengan basis penggemarnya di Asia Tenggara, juga memperkenalkan musik mereka ke pendengar baru.

Festival Musik Kolaborasi Negara se-Asia Tenggara ini akan tayang perdana secara daring pada Sabtu dan Minggu, 11-12 September 2021 melalui Youtube AMS. Juga akan ada Online Speed Meeting yang bertujuan untuk memberikan peluang berjejaring antar musisi pendatang baru dan para profesional di industri musik global, pada Senin, 13 September 2021. 

Di saat pertunjukan musik dan industri hiburan di seluruh dunia terkena dampak pandemi, AMS mencoba menawarkan platform alternatif yang layak. Platform yang menghubungkan jaringan musik global ke Asia Tenggara, terutama bagi tujuh negara penyelenggara: Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, ditambah tahun ini dengan Kamboja dan Vietnam.

Salah satu pendiri AMS yang merupakan Direktur Pendidikan, Kemitraan Pemerintah dan Luar Negri Thailand juga Co-Founder perusahan musik Fungjai, Piyapong ‘Py’ Muenprasertdee, mengungkapkan keresahannya. “Saya rasa, dari pada menunggu pandemi ini berakhir, saya dan para Co-Founder lain dari masing-masing negara, berinisiasi membantu musisi lokal untuk lebih pro-aktif dan menawarkan musik mereka kepada para pencari bakat dari seluruh dunia”. 

“Akibat pandemi ini, banyak showcase hingga festival di seluruh dunia terpaksa diselenggarakan secara daring. Keuntungannya, para artis tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perjalanan dan akomodasi untuk bergabung. Keuntungan ini juga berlaku bagi para profesional di industri musik, musisi internasional, dan pencari bakat. Mereka dapat memanfaatkan jaringan daring ini, sehingga menjadi peluang baru para musisi yang layak diekspos,” tambahnya.

“Kami berharap untuk dapat mengadakan festival ini secara off-line dan menggilir tuan rumahnya setiap tahun, setelah pandemi berakhir.” pungkas Py. 

ASEAN Music Showcase Festival diselenggarakan oleh Fungjai, NYLON Thailand, dan Bangkok Music City dari Thailand; The Rest Is Noise PH dari Filipina; Steady State Records dari Singapura; SRM Bookings & Services dari Indonesia; City Roars Festival dari Malaysia; Baramey Production dari Kamboja; dan Monsoon Music Festival dan Swan Zoo dari Vietnam. 

Tahun ini, empat band yang akan tampil pada ASEAN Music Showcase Festival adalah eleventwelfth, Guernica Club, Sunwich, dan Irama Pantai Selatan.(Harlan Boer)

Artikel Terkait