Nasional

KBRI Wina Bagi Bantuan Pandemi di Hari Kemerdekaan ke-76

Oleh : luska - Rabu, 18/08/2021 06:56 WIB

Austria, INDONEWS.ID - Merayakan HUT RI ke-76 bersama masyarakat dan diaspora Indonesia di KBRI/PTRI WIna, Dr. Darmansjah Djumala, Duta Besar RI untuk Austria, Slovenia, dan PBB telah berkesempatan membagikan secara simbolis paket bantuan pandemi kepada dua perwakilan mahasiswa dan mahasiswi pelajar Indonesia yang tegabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di Austria. Paket-paket tersebut akan dibagikan kepada mahasiswa dan pelajar Indonesia di Austria berkoordinasi dengan PPI Austria. 

Bantuan pandemi ini sejalan dengan tren jumlah kasus positif Covid-19 yang mulai meningkat di Austria dalam beberapa pekan terakhir akibat libur musim panas masyarakat Austria ke Eropa. Sesuai dengan prioritas 4+1 Kemlu, khususnya prioritas kedua yaitu Perlindungan, bantuan pandemi KBRI/PTRI Wina kepada para mahasiswa Indonesia tersebut merupakan bagian dari kehadiran negara dalam upaya pencegahan/preventif dampak kesehatan dengan membantu meningkatkan daya tahan tubuh mahasiswa di masa pandemi yang tidak menentu. 

Walaupun masih dalam suasana pandemi namun tidak menurunkan semangat masyarakat dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia untuk turut meramaikan rangkaian kegiatan merayakan HUT RI ke-76 yang diselenggarakan oleh KBRI/PTRI Wina. Rangkaian kegiatan yang telah diselenggarkan yaitu terdiri dari kegiatan olah raga pada tanggal 15 Agustus 2021  di salah satu fasilitas olah raga kota Wina dan upacara peringatan detik-detik proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2021 di KBRI/PTRI Wina.

Rangkaian acara peringatan HUT RI ke-76 diawali dengan kegiatan olah raga yang terdiri dari pertandingan cabang tenis meja dan badminton diikuti oleh sekitar 60 masyarakat dan diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia.

“Pertandingan olah raga bukan sekedar mencari juara namun yang paling penting adalah menjaga Kesehatan kita dan semua berbahagia”, ujar Djumala dalam sambutan pembukaan kegiatan olah raga tersebut.

Setelah tahun lalu ditiadakan karena pandemi. kegiatan olah raga dapat dilakukan kembali dengan pertandingan antara ganda putra dan ganda putri yang memperebutkan juara 1 dan 2 cabang tenis meja dan badminton. Suasana penuh dengan rasa kekeluargaan yang hangat dan bergembira sangat terasa disaat masyarakat dan diaspora saling bertemu setelah lamanya kegiatan serupa ditiadakan. 

Pada 17 Agustus 2021, masyarakat dan diaspora Indonesia yang terdiri dari para pejabat dan staf KBRI/PTRI Wina, Dharma Wanita Persatuan (DWP), PPI Austria, serta wakil-wakil organisasi masyarakat Indonesia di Austria hadir dengan penuh semangat dan kekhidmatan pada acara Upacara Peringatan HUT RI ke-76 di KBRI/PTRI Wina. Namun karena peraturan kesehatan yang masih membatasi jumlah orang yang dapat berkumpul, maka upacara hanya menghadirkan sekitar 65 peserta dan petugas upacara.  Bagi masyarakat dan diaspora Indonesia lainnya yang tidak dapat hadir secara fisik tetap dapat turut serta dalam upacara virtual peringatan HUT RI ke-76 melalui kanal youtube KBRI/PTRI Wina. Pembagian hadiah pemenang lomba olah raga juga telah diberikan setelah upacara HUT RI ke-76.

Seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-76 terlaksana dengan baik dan lancar dengan memenuhi peraturan protokol kesehatan setempat yaitu menjaga jarak, menggunakan masker dan membawa bukti 3G (bukti telah divaksinasi, tes negatif Covid-19 atau telah sembuh dari Covid-19). (Lka)


 

TAGS : KBRI Wina

Artikel Terkait