Daerah

Pemegang Kunci Makam "Nen Dit Sak Mas" Valentinus Esomor Meninggal Dunia

Oleh : Mancik - Rabu, 25/08/2021 17:37 WIB

Valentinus Esomor, sosok penjaga makam Nen Dit Sak Mas, meninggal dunia.(Foto:Istimewa)

Langgur, INDONEWS.ID - Sosok pemegang kunci makam "Nen Dit Sak Mas", sosok Putri Permaisyuri Kei yang terletak di Desa Semawi Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara, telah meninggal dunia.

Pemangku Adat Marga Jaflean menerangkan, pemegang kunci makam "Nen Dit Sak Mas`` atas nama Valentinus Esomar telah meniggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Karel Sadswitubun Langgur pada jam 17. 00 WIB.

"Valentinus Esomor sendiri mewarisi pemegang kunci makam "Nen Dit Sak Mas" yang diwariskan Marga Esomar. Hal ini menjadi warisan keluarga Esomar yang bemukim di Desa Wain kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara," kata perwakilan keluarga Esomar yang diwakili oleh Toko Adat Desa Dain Bapak Engelbertus Jaflean saat di konfirmasi media ini, Rabu,(25/8/2021)

Jeflean menambahkan, sosok Valentinus Esomar sementara disemayamkan di kediamanya di Desa Wain. Pemangku Adat Marga Jaflean ini pun enggan tidak berkomentar banyak.

"Kepergian Almarhum Valentinus Esomar pemegang Kunci Makam " Nen Dit Sak Mas", ini merupakan sosok panutan yang baik dalam merawat dan menjaga Makam dari leluhur Sosok Putri Permaisyuri tersebut," ungkapnya.

Jaflean berharap, pemangku Adat di kepulauwan Kei dapat memberikan penghormatan kepada Almarhum Valentinus Esomar selaku pemegang kunci makam " Nen Dit Sak Mas", sosok Putri Permaisyuri Kepulauwan Kei yang menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat Suku Kei," pungkasnya.*(BR - 3)

Artikel Terkait