Opini

Obituari : PROF. DR. JE SAHETAPY

Oleh : luska - Rabu, 22/09/2021 10:38 WIB

Oleh : Muhammad AS Hikam

PROF. DR. SAHETAPY: SANG PEMBERANI ITU TELAH PERGI. Kendati saya tak berani mengklaim sebagai orang yg mengenal dekat dengan Almarhum Prof. Dr. Jacob Elfinus Sahetapy S.H., M.A, tetapi saya akan memberanikan diri untuk menulis obituari ini. Bagi saya pribadi, almarhum adalah seorang pemikir dan pejuang yg berintegritas. Seorang senior yg berani menyampaikan apa yang diyakini dengan segala resikonya. Beliau adalah sosok teladan sebagai cendekiawan, akademisi, dan guru bagi bangsa kita.

Saya pernah mendapat kesempatan beberapa kali bertemu dg Prof. Sahetapy (demikian nama populer beliau) saat masih sering berdiskusi di Surabaya, pada awal th 1990an menjelang reformasi, yg digelar bersama para aktivis prodemokrasi, mahasiswa, LSM dll. Masih teringat beliau menyemangati saya dkk agar tetap konsisten mendukung perjuangan Gus Dur yg saat itu juga merupakan salah seorang aktivis dan tokoh pejuang demokrasi, baik di Fordem dan NU.

Prof. Sahetapy selalu memberikan kesan mendalam pada diri saya dengan keterusterangan dan keberanian beliau dalam menyampaikan pandangan serta komentar2 kritisnya seputar HAM, demokrasi, dan tentu saja, penegakan hukum di Indonesia. Pandangan2 beliau senantiasa menyegarkan dan menyemangati kami yg masih sedang membentuk diri dan menghadapi kekuatan rezim otoriter saat itu.

Dan sesudah reformasi pun beliau tetap merupakan sosok yg kritis, kendati ketika beliau masuk dalam dunia politik praktis. Komentar2 beliau di ruang publik mampu mengatasi sektarianisme politik dan menyumbangkan pencerahan serta kecendekiawanan. Beliau kini memang telah pergi, namun saya yakin legacynya akan abadi. RIP.

*Selamat jalan Prof. Sahetapy!* 😢🤲🙏🌹
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10220509319506743&id=1345432199

Artikel Terkait