Pojok Istana

Buka PON ke-20, Jokowi: Kita Bangga Ada di Tanah Papua

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 03/10/2021 08:02 WIB

Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua ke-20 yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Jayapura, Sabtu (2/10) malam.

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi membuka gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua ke-20 yang berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Jayapura, Sabtu (2/10) malam.

Gelaran itu diketahui berlangsung mulai 2 sampai 15 Oktober mendatang.

Dalam pidatonya, Jokowi mengaku bangga karena PON untuk kali pertama bisa digelar di tanah Papua.

Menurutnya, hal itu menunjukkan kemajuan Papua dalam hal infrastruktur dan kemampuan menyelenggarakan acara besar di kancah nasional dan internasional.

"Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama, kita bangga ada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke-20, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," ujar Jokowi.

"Pekan Olahraga ini menunjukkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional," ucapnya melanjutkan

Upacara pembukaan PON Papua tersebut turut disemarakkan dengan berbagai kegiatan. Upacara dibuka dengan lagu `Sa Papua` yang dibawakan oleh seniman asal Papua, Edo Kondologit, Nowela, dan Michael Jakarimilena. Nyanyian tersebut diiringi oleh para penari Tifa.

Acara kemudian berlanjut dengan defile kontingen dari setiap provinsi yang ambil bagian di PON Papua. Selain atlet, terdapat pula wasit dan perwakilan dari 34 provinsi dalam defile tersebut.

Perwakilan kontingen Papua menutup parade atlet dalam upacara pembukaan PON Papua. Setelah itu disusul dengan parade bendera 34 provinsi.

PON Papua akan mempertandingkan 56 cabang olahraga. Sebanyak 6.442 atlet akan berpartisipasi di pesta olahraga paling bergengsi se-Indonesia tersebut.*

Loading...

Artikel Terkait