Nasional

Sosok Mayjend TNI AD Karev Marpaung, Alumnus SMAN Teladan dengan Segudang Mimpi untuk Almamater

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 07/10/2021 23:01 WIB

Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Sekretariat Jenderal ewan Ketahanan Nasional (Wantannas), Mayjen TNI Karev Marpaung, S.Sos., M.M bersama Pemred Indonews.id, Asri Hadi (Foto: Ist)

Sosok, INDONEWS.ID - Baru-baru ini, dua alumni Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Teladan Jakarta atau yang beken dikenal SMA Teladan Jakarta mendapat promisi jabatan dalam karirnya di institusi TNI. Satu di antaranya adalah Brigjen TNI Karev Marpaung, S.Sos., M.M.

Mayjen Karev Marpaung dipromosi menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas).

Dalam wawancara khusus dengan Pemimpin Redaksi media online Indonews.id, Drs. Asri Hadi, MA di kantornya 7 Oktober 2021, Mayjen Karev Marpaung membeberkan serangkaian kegiatan yang dilakukannya selama ini, secara khusus soal aksi sosialnya.

Di antaranya, Ketua Angkatan 383 SMA Teladan ini menyebutkan, adalah membangun desa wisata di kampung asal orang tuanya yakni di Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara (Sumut).

Bahkan, tuturnya, usahanya ini sudah diresmikan oleh wakil menteri Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Arie Budi beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, pria berdarah Batak ini juga melakukan Forum Group Discussion (FGD) di sekolah SMA Negeri 3 Teladan Jakarta beberapa waktu lalu. Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama berbagai pihak terkait seperti Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Dekan Psikologi UI dan para orang tua murid serta para guru SMA 3 Jakarta.

Selain itu, Ia juga mendukung pembentukan Yayasan Teladan yang kepengurusan merupakan para alumni SMAN 3 Teladan Jakarta lintas angkatan. Dimana nantinya, fokus mengadakan kegiatan untuk mengembalikan kejayaan SMA 3 Jakarta kembali teladan seperti pada tahun 1970-2000.

Kandidat doktoral ini juga mengaku siap membantu menyukseskan Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Alumi (IKA) SMA Negeri 3 Teladan Jakarta yang sedianya akan diadakan pada tahun ini.

"Siap membantu agar acara Munas Ikatan alumni SMAN 3 Teladan Jakarta ini berjalan lancar dan sukses, sehingga menghasilkan kepengurusan lintas angkatan, yang fokus kegiatannya mengembalikan kejayaan SMA Negeri 3 Jakarta ini KEMBALI TELADAN," tuturnya.

Selain itu, sosok yang mendapatkan pangkat Mayor Jenderal-nya pada 2019 ini aktif melaksanakan vaksinasi gratis bagi keluarga besar SMA Negeri 3 Teladan Jakarta yakni para guru, karyawan, murid dan alumni serta masyarakat umum.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman sekolah SMA negeri 3 Teladan Jakarta di Jalan Setia Budi ini bekerjasama dengan Kodam Jaya dan alumni SMAN 3 Teladan Jakarta.

Dalam pesannya, Asri Hadi, Pemred media Indonews.id, yang juga alumnus SMAN 3 Teladan Jakarta mengaku bangga bisa mengenal lebih dekat Mayjend TNI AD Karev Marpaung.

"Sebagai sesama alumni SMA Negeri 3 Teladan Jakarta, saya merasa bangga bisa mengenal lebih dekat sosok Mayjend TNI AD Karev Marpaung. Semoga sehat dan sukses selalu ke depannya," ungkap dosen senior IPDN itu.

Sosok Mayjen TNI Karev Marpaung

Mayjen TNI Karev Marpaung, S.Sos., M.M merupakan Perwira Tinggi TNI yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Sekretariat Jenderal ewan Ketahanan Nasional (Wantannas).

Sebelumnya, dia menjabat sebagai Bandep Urusan Lingkungan Pemerintahan Negara pada Deputi Bidang Sistem Nasional Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas).

Pria kelahiran Jakarta 28 September 1964 ini juga mengemban tugas di berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Ambon, Papua dan Jakarta.

Mayjend Karev telah berkiprah di TNI dan melayani negara lebih dari 34 tahun sejak lulus dari Akmil pada 1987 silam. Selama perjalanan karirnya di TNI, Karev Marpaung telah menduduki sejumlah jabatan strategis.

Sebut saja di antaranya Inspektorat Kodam (Irdam), Panglima Mess Detasemen Markas Besar Angkatan Darat Pamen Denma Mabesad), Kepala Staf Korem 174/Anim Ti Waninggap (Kasrem 174/ATW) Merauke dan masih banyak lagi jabatan strategis lainnya.

Atas dedikasinya bagi negara, sedikitnya Karev telah menerima belasan penghargaan dari pemerintah dan Institusi.

Karev Marpaung menamatkan pendidikan menengah atas dari SMA Negeri 3 Jakarta pada 1983 Jurusan IPA. Ia juga tercatat pernah menempuh pendidikan jurusan Sosial Politik di Universitas Surabaya.

Kemudian mengambil pendidikan S2 jurusan SDM di Univeristas Krisnadwipayana dan saat ini tercatat tengah menempuh jenjang S3 bidang Administrasi Bisnis di Universitas Brawijaya.

Mayjen Karev Marpaung menikah dengan Janne Diana Rooselyne Silitonga dan sudah dikarunia tiga orang anak. *(Rikard Djegadut).

Loading...

Artikel Terkait