Gaya Hidup

Diikuti Pereli Senior, Gomax Adventur Sukses Selenggarakan "Touring Sumpah Pemuda"

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 01/11/2021 09:49 WIB

Perserta melakukan Check Point pertama di depan Mall Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu (30/10/21).

Jakarta, INDONEWS.ID - Gomax Adventur sukses menggelar kegiatan touring dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober setiap tahunnya. Kegiatan bertema "Touring Sumpah Pemuda" itu diikuti ratusan bikers dari berbagai komunitas motor di Jabodetabek.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (30-31) Oktober 2021 itu dilepas secara resmi dari Rumah Sarwono, Km. 18, Pasar Minggu, Jakarta Selatan oleh Mantan Pereli Nasional, Rio Sarwono pada Sabtu (30/10/21) pagi.

Setelah menerima pengarahan, tepat pukul 07.00 para bikers bergerak menuju Ciater, Subang, Jawa Barat. Selanjutnya, dilakukan check point bagi peserta di beberapa titik. Titik check point pertama dilakukan di Mall Cipinang, Jakarta Timur.

Peserta terus bergerak dan melewati Check Point kedua di Pom Bensin Wanasari dan check point ketiga dilakukan di Waduk Parang Gombong, Jatiluhur, Purwakarta.

Perserta kemudian mampir di RM. Teh Haji, Subang untuk makan siang untuk seterusnya riding menuju Pemandian Air Panas Sariater.

Malamnya, peserta dikenalkan dengan produk para sponsor dan pembagian door prize. Kegiatan dilanjutkan dengan Apel Sumpah Pemuda diikuti kegiatan aksi sosial berupa pemberian santunan sebagai kepada warga sekitar.

Pada Minggu 30 Oktober, setelah check out dari penginapan Villa Dyyp Ciater, Subang, perserta dilepas bubar dan kembali ke Jakarta.

Untuk diketahui, ratusan perserta yang tergabung dalam tour Sumpah Pemuda ini berasal dari sejumlah komunitas motor di Jabodetabek. Di antaranya Gomax adventure, Art Sped, NBC, KMTD, Pingky, Brompit, CNC, MIB, IB, RINCI, Mixmax, MaxUnited, CHABIC, Sweeper, MC and Fotographer, Legend Riders Indonesia, Medis dan Wartawan.

Kegiatan yang mendapat dukungan dari beberapa perusahaan seperti jasa ekspedisi JNE Max dan Federal Oil ini juga diikuti sejumlah pereli senior di antaranya Rio Sarwono, Dani Sarwono dan masih banyak lagi.

Medium Permersatu Keberagam

Peserta mengaku senang mengikuti touring sepeda motor ini. Salah satunya diungkapkan Setiya Joko. Selain menguji adrenalin, kata Joko, kegiatan seperti ini baik untuk menjalin silaturahim.

Apalagi, menurutnya, kegiatan touring ini, digelar dengan mengangkat tema semangat Sumpah Pemuda yang digaungkan para pemuda/i Nusantara puluhan tahun silam. Dulu, para pemuda dan pemudi itu menjadikan bahasa sebagai medium menyatukan keberagaman dalam mendeklarasikan semangat persatuan, era ini kegiatan seperti ini jadi sarana perekatnya.

"Saya kebetulan diajak Pak Rio. Ini pertama kali saya mengikuti touring. Jadi kesannya menyenangkan. Kegiatan ini baik untuk menjalin silaturahim," kata pria yang merupakan pereli era 2000an ini.

"Selain menikmati pemandangan alam di pingir jalur lintasan yang keren-keren. Jadi nambah kenalan juga," kata Joko.

Ia berharap, dengan kegiatan seperti rasa cinta terhadap Indonesia dan alamnya terus terawat dan makin kuat. Sebagai sesama anak bangsa, sudah menjadi tugas semua insan untuk saling menjaga persaudaraan dalam keanekaragaman kita.

"Kita perlu jaga dan memupuk semangat para pemuda/i Nusantara 90an tahun silam mempersatukan berbagai perbedaan yang ada di Nusantara untuk mewujudkan cita-cita bersama yakni kemerdekaan, lepas dari kekangan penjajah," ujar Joko.*

Loading...

Artikel Terkait