Opini

PCR dan Kebijakan Publik vs Gimmick Oligarki

Oleh : luska - Selasa, 02/11/2021 15:26 WIB

Oleh : Muhammad AS Hikam

Gelombang kritik dan kecaman terhadap kebijakan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) utk para calon pengguna pesawat udara dan/atau lainnya, sejatinya BUKANLAH ditujukan kepada penting atau tidaknya tes tsb. Namun lebih kepada indikasi adanya kongkalikong para pebisnis dan pejabat (oligarchs) yang, tentu saja, berujung pada satu pertanyaan: Berapa harga yg mesti dibayar para konsumen, terutama oleh lini bawah masyarakat Indonesia yang pas-pasan dan/atau kurang duitnya, tetapi mesti mengeluarkan biaya ekstra yang memberatkan mereka?

Dari pihak Pemerintah, secara formal bahkan Presiden Jokowi (PJ) sudah mengimbau agar harga PCR bisa dipatok rendah, sekiraran Rp 300 ribu atau di bawahnya. Apa lacur, ternyata di lapangan tidaklah mudah bagi pemerintah untuk bisa mematok, karena satu dan lain hal. Dan diantaranya adalah, apalagi kalau bukan, permainan para pengusaha dan pejabat negara sendiri, baik yg punya kepentingan langsung maupun tak langsung dg "profit-making" alias perburuan laba sebesar2nya. Tak peduli dalam situasi kebencanaan sekalipun!

Dan sudah barang tentu, wajah Republik ini dan Pemerintah PJ tampak carut marut baik di mata rakyat sendiri maupun masyarakat internasional. Walaupun RI saat ini termasuk dalam kategori negara yang berhasil menekan penyebaran virus Covid -19, namun tetap TAK ADA JAMINAN akan terus demikian kondisinya, apabila kebijakan ProKes terabaikan atau tercampakkan gegara inkonsistensi pelaksanaan kebijakan tsb di lapangan, termasuk dan khususnya ihwal pengelolaan harga PCR ini.

Jika para para "pemain besar" (big players) dalam bisnis PCR ini tak terkontrol, kemungkinan terburuk yg bisa terjadi, antara lain, adalah kembalinya kondisi RI seperti ketika menjadi salah satu negara paling parah di Asia dalam menghadapi Covid-19. Mereka para oligarki yg seakan berperan sebagai "pemain nyawa" masyarakat Indonesia ini memang hanya memikirkan satu hal: *LABA.* Dan bagi mereka soal keberlangsungan NKRI dan rakyatnya tak ada artinya karena mereka bisa dengan sangat mudah pindah ke mana saja! Tak ada nasionalisme, apalagi patriotisme, dalam benak mereka. Uang dan cuan adalah segalanya.

Pemerintah PJ tak boleh ragu, apalagi kalau terkesan "mandah" di bawah tekanan para oligarch pemain besar tsb. Bahkan, hemat saya, jika ada diantara para pejabat eksekutif Negara yang tidak mau mengikuti arahan Presiden Jokowi mengenai kebijakan harga PCR, alternatifnya ya cuma satu: Ganti saja. Kepentingan Negara dan bangsa jauh lebih utama dr hitung2an kepentingan kelompok, apalagi pribadi2. Negeri ini bukan hanya untuk sehari dua, tetapi selamanya. IMHO.

 

TAGS : AS Hikam

Artikel Terkait