Bisnis

DPN Apindo: Koloborasi Pengusaha dan Pemda Kunci Sukses Pembangunan Daerah

Oleh : Mancik - Selasa, 09/11/2021 03:43 WIB

Wakil Ketua Umum DPN Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Suryadi Sasmita.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Ketua Umum DPN Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Suryadi Sasmita mengatakan, kerja koloborasi antara pengusaha dan pemerintah daerah merupakan salah kunci utama kesuksesan pembangunan daerah. Kerja koloborasi tersebut berkaitan dengan Perda yang memberikan kemudahan bagi pengusaha melakukan investasi.

Menurut Suryadi Sasmita, penyelenggaraan pemerintahan daerah pada era otonomi daerah, belum sepenuhnya ramah terhadap kehadiran investor dalam negeri maupun investor luar negeri. Beberapa kendala muncul seperti keberadaan peraturan daerah yan sering kali menyulitkan pengusaha.

"Pengusaha itu mengharapkan melalui UU Otonomi Daerah merangkul pengusaha. Terutama mengenai izinnya. Di daerah itu kalau izin itu terkadang lebih sulit daripada pusat," katanya dalam Dialog Kebijakan
Desentralisasi Fiskal dan Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah bersama KPPOD, Jakarta, Senin,(8/11/2021)

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembangunan daerah tidak terlepas dari keberadaan pengusaha yang ingin melakukan investasi di suatu daerah. Dalam menghadirkan pengusaha yang ingin melakukan investasi tersebut, membutuhkan kepastian regulasi yang ramah terhadap pengusaha.

Namun, ia menerangkan, daerah sering kali menghadirkan peraturan daerah yang menyulitkan pengusaha untuk membuka usaha baru di daerah. Jika kondisi ini terus terjadi, bukan tidak mungkin pengusaha lari ke tempat lain untuk melakukan investasi.

"Kadang-kadang muncul perda yang menurut pengusaha itu tidak jelasnya dasar hukumnya," jelasnya.

Mengenai RUU HKPD yang sedang dibahas pemerintah dan DPR, menurutnya, merupakan momentum memperkuat kerja sama semua pemangku kepentingan di daerah dan pengusaha. Dalam hal ini, pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pengusaha perlu kerja meningkatkan investasi di daerah.

"Marilah kita bersatu untuk mendatangkan investor baik dalam negeri maupun luar negeri untik meningkatkan usahanya di seluruh Indonesia," tutupnya.*

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait