Bisnis

Kolaborasi PNM Depok dan Bogor Gelar Webinar Pelatihan PKU bagi Nasabah

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 11/11/2021 09:07 WIB

Pelatihan pengembangan kapasitas usaha yang digelar oleh PNM Depok dan Bogor. (Foto: Radardepok).

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Depok dan Bogor mengadakan pelatihan pengembangan kapasitas usaha. Kali ini untuk para pelaku usaha kuliner pemula. Berhubung masih dalam kondisi pandemi, pertemuan diadakan secara virtual.

Pelatihan dihadiri oleh pengisi materi yaitu Owner Rafita’s Cake, Noor Rafita, Kabid UMKM DKUM Kota Bogor, R Medi Sandora dan Koordinator PKU dan JML Jabodetabek dan Serang, Andi Irnawati.

“PNM terus ingin berperan dalam kemajuan dunia usaha terlebih bagi pemula,” ujar Project officer Pengembangan kapasitas usaha PNM Cabang Depok, Jaka Wifangga.

Melalui pelatihan ini, nasabah mengetahui perencanaan umum dalam menjalankan sebuah usaha. Dengan begitu akan diketahui apa saja yang dibutuhkan dan juga menetapkan tujuan dari usaha tersebut.

Selain itu, nasabah juga mengetahui bagaimana membangun mimpi ketika di awal menjalankan usaha yang baru akan dirintis. Tidak ketinggalan juga di sini pelaku usaha menetapkan model bisnis. Pasalnya dari situ akan menciptakan dan memberikan nilai akan pelanggan.

Jika sudah menetapkan di awal barulah mempertegas produk jualan kita. Sasaran konsumennya dan tentunya membina hubungan baik dengan pelanggan. Memperluas jaringan pelanggan dan awalnya harus promosikan usaha melalui banyak jalur.

Mulai dari promo tradisional yaitu mulut ke mulut hingga yang biasa dilakukan secara online. Penjualan online bisa dilakukan melalui media social dan akses komunikasi lain melalui whatsapp. (Radardepok)

Artikel Terkait