Bisnis

Terima Kunjungan Bos PNM, Bupati Kebumen: PNM Sudah Banyak Berdayakan Ekonomi Masyarakat Kebumen

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 16/11/2021 18:45 WIB

Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Arief Mulyadi bersama jajaran direksi saat beraudiensi dengan Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto di pendopo Rumah Dinas Bupati pada Senin, 15 November 2021

Jakarta, INDONEWS.ID - Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menerima kunjungan Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Arief Mulyadi bersama jajaran direksi pada Senin, 15 November 2021.

Dalam audensi yang berlangsung di pendopo Rumah Dinas Bupati itu, Bupati Arif menyampaikan pertemuan ini sebenarnya merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya pada bulan Mei lalu ketika ada kunjungan tiga menteri ke RMU, Kutowinangun Kebumen. Bupati melihat PNM sudah banyak melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Seperti halnya di Kebumen, PNM sudah memberikan bantuan untuk para pengepul rongsok di Kutowinangun, baik permodalan maupun fasilitas kendaraan," terang Bupati.

Selain itu, PNM juga terus mendorong para ibu-ibu rumah tangga di Kebumen untuk mau berwirausaha dengan membentuk suatu kelompok usaha kecil dan menengah guna diberikan pelatihan dan permodalan. Dan itu kata Bupati sudah dilakukan di 15 kecamatan di Kebumen.

"Jadi masyarakat yang punya hobi masak, hobi kuliner buat makanan atau kerajinan lain, silakan masyarakat buat kelompok usaha, bikin usaha. Kalau tidak punya modal, silakan ajukan ke PNM, mudah, murah dan cepat," jelas bupati Arif.

Pada kesempatan yang sama, Dirut Arief menyatakan komitmennya untuk berkolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Kebumen dalam hal pemberdayaan ekonomi. Utamanya ikut terlibat dalam program pengentasan kemiskinan ekstrem di wilayah itu.

"Tadi saya sudah izin ke Pak Bupati untuk belajar di sini, mencari sesuatu yang bisa kita kerjakan untuk turut serta membantu pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan di lima kecamatan prioritas," ujar Arief.

Arief menyebut, masyarakat Kebumen bisa ikut dalam program Membina EKonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dari PNM. Khususnya di 5 kecamatan di Kebumen yang masuk dalam sasaran kemiskinan ekstrem. Program tersebut sangat membantu masyarakat dalam penambahan modal usaha.

"Di Kebumen sendiri kita sudah punya 26 ribu nasabah aktif. Dan kita sudah menyasar di 15 kecamatan. Harapannya PNM melalui program MEKAAR sudah bisa masuk ke 26 Kecamatan di Kebumen," tuturnya.*

Artikel Terkait