Daerah

PTPN VI Jambi Gelar Penanaman dan Open Donasi Pohon

Oleh : indonews - Senin, 06/12/2021 06:21 WIB

PTPN VI Jambi Gelar Penanaman dan Open Donasi Pohon, Rabu (01/12/2021).

Jambi, INDONEWS.ID - Tak bosan-bosannya, hadir dan memberikan dampak bagi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah. Kali ini, wujud dari kolaborasi BUMN hijaukan Indonesia, PTPN VI Jambi Gelar Penanaman dan Open Donasi Pohon, Rabu (01/12/2021).

Usai beberapa waktu lalu, gelar penanaman bantuan replanting sawit di Sungai Bahar. PTPN VI kembali berikan sumbangsi dalam menambah cadangan oksigen, dengan melakukan penanaman pohon secara berkepanjangan.

Bertempat di Unit Usaha Batanghari, tampak puluhan pohon jenis buah-buahan tersebut, silih berganti ditanam oleh para insan PTPN VI Jambi.

M Iswan Achir Direktur PTPN VI Jambi menuturkan, pihaknya sengaja menginiasiasi kegiatan bakti lingkungan tersebut. Hal ini disinyalir, berangkat dari situasi Deforetasi alias berkurangnya hutan alam, dalam skala dunia maupun nasional.

Atas keadaan tersebut, bilangnya, kehadiran BUMN di Provinsi Jambi mampu menjawab tantangan tersebut. Sehingga, pada beberapa tahun ke depan dapat membawa dampak positif, bagi generasi muda untuk menikmati keasrian lingkungan.

"Pada tahap awal ini, kita mulai di Unit Usaha Batanghari. Adapun ikhtiar kita, BUMN khususnya PTPN VI dapat memberikan warna baru, yang dapat kita nikmati beberapa tahun ke depan. Apalagi, kita melihat peta deforestasi dunia, mudah-mudahan dengan berhasilnya penghijauan ini, dapat bermanfaat bagi generasi penerus," ungkap Iswan, saat menyampaikan kata sambutannya.

Open Donasi

Tak hanya itu, Perusahaan `plat merah` yang bergerak di sektor perkebunan ini, juga menyelenggarakan open donasi. Bukan kaleng-kaleng, open donasi tersebut dengan memberdayakan aplikasi uang digital.

Yang mana, hasil dari donasi tersebut akan disumbangkan pada kegiatan penghijauan berikutnya. Benar saja, bakti lingkungan tersebut ditargetkan sebanyak 5000 pohon.

"Ya, kita juga ada open donasi melalui aplikasi uang digital, tinggal scan melalui gadget. Jadi, bukan soal nominal atau besarannya. Tetapi, dari sini kita melihat sinergitas karyawan PTPN VI, dalam mewujudkan penghijauan," tambahnya.

Lebih rinci, Manager Unit Usaha Batanghari, Fadly Wahyudi menjelaskan, penanaman tersebut dimulai pada areal lapangan olahraga. Untuk selanjutnya, akan mengoptimalkan areal affdelling. Itu artinya, di sela-sela tanaman produksi akan dihiasi oleh pohon rindang.

"Terimakasih kami ucapkan, pada PTPN VI Jambi. Yang mana, dalam hal ini Unit Usaha Batanghari menjadi percontohan. Pada awal ini, kita tanam di lapangan olahraga, yang saat ini tidak digunakan lagi. Selanjutnya, kita akan tanam di wilayah afdelling, sebagai wujud konsolidasi pemanfaatan lahan dengan maksimal." tukas Fadly Wahyudi. (Rpa/Erwin Majam)

Artikel Terkait