Nasional

Pentas Musik Penggalangan Dana Bangun TK Desa Pelemrejo di Kabupaten Boyolali

Oleh : luska - Rabu, 15/12/2021 13:54 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam rangka berbagi kebaikan di bulan Desember, ars86care foundation berkolaborasi dengan Aksi Cinta Indonesia dan Bagusföreningen dari Swedia menggelar pentas musik dan lagu anak-anak dari rumah secara virtual, bertema Anak Indonesia Berbagi Bahagia. Suasana pandemi COVID19, bukan menjadi halangan untuk berkarya dan berbagi keceriaan. Yang istimewa dari pertunjukan virtual ini adalah prosesnya yang melibatkan kurang lebih 100 anak dari segala penjuru Indonesia dan juga anak-anak Indonesia di Swedia. Anak-anak ini sebagian besar merekam audio dan video secara amatir dari rumah masing-masing dan kemudian disatukan secara profesional menjadi suatu rangkaian acara untuk dinikmati. Anak Indonesia Berbagi Bahagia didukung juga oleh Credit Suisse, Batik Air, I Need Sticker, Cendana Musik Probolinggo, Raienoloys Music, Let The Music Begin, dan Main Musik Chanel.

Anak Indonesia Berbagi Bahagia adalah acara dari anak untuk anak yang tujuannya adalah menggalang dana untuk membangun gedung sekolah bagi anak-anak Taman Kanak-kanak di desa Pelemrejo kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Selama ini kegiatan belajar-mengajar dilakukan menumpang di balai desa, maupun salah satu ruang kelas di SD terdekat. Riyadi Eka Riyanto, ketua Yayasan Arsitek86 Peduli (ars86care foundation) dalam sambutannya menyapa semua anak-anak yang berkontribusi secara sukarela dalam acara ini, mengapresiasi sebesarnya dan mengharapkan agar rasa cinta tanah air dan empati kepada teman-teman sebangsa yang kurang beruntung terus dipelihara.

Sejumlah 476 tiket terjual, terima kasih kepada partisipan yang telah membeli tiket untuk menonton pertunjukan musik ini ataupun yang telah berdonasi untuk membelikan tiket nonton bagi anak-anak TK desa Paguyuban Mitra Yayasan Arsitek 86 Peduli di kabupaten Demak, Grobogan, Boyolali, dan Gunungkidul.  Sebagai ucapan terima kasih, anak-anak TK desa Pelemrejo turut menyumbangkan lagu Bintang Kejora. Total donasi dari penjualan tiket pada acara ini menutup dana yang dibutuhkan untuk pembangunan TK desa Pelemrejo di kabupaten Boyolali. Pembangunan sekolah akan dilakukan selama semester 1 tahun 2022.

Proses pembangunan dapat dipantau dengan mengakses sosial media instagram dan facebook ars86care foundation.

Dengan dipandu oleh 3 MC cilik yang berbakat, Nasha, Adi, dan Mia dari Aksi Cinta Indonesia, serta kakak Anjani Sasikirana dari ars86care, acara pentas musik Anak Indonesia Berbagi Bahagia ini disambut baik oleh Bapak Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia, Bapak Kamapradipta Isnomo. 

Acara dibuka dengan ensambel vokal 34 anak-anak yang berasal dari 13 kota di Indonesia menyanyikan lagu Untuk Ibu yaitu medley lagu-lagu bertema Ibu : Si Patokaan, Bunda Piara, Soleram dan Kasih Ibu. Ke 34 anak ini tampil ceria menyanyi dan menari dalam warna-warni kostum tradisional Indonesia dari berbagai daerah.

Anak Indonesia Berbagi Bahagia juga menampilkan karya anak-anak Indonesia yang tergabung dalam Bagusföreningen. Bagusföreningen (Svensk-Indonesiska Bagus Föreningen) atau Asosiasi Swedia Indonesia Bagus, berdiri sejak 5 tahun lalu di kota Malmö, kota ketiga terbesar di Swedia, adalah komunitas yang beranggotakan keluarga campuran Indonesia Swedia yang berasal dari kota Malmö dan sekitarnya dan diketuai oleh Bapak Hans Hansson, yang sudah lebih dari 30 tahun membantu promosi Indonesia di Swedia.

Anak-anak Bagus menampilkan beberapa lagu di antaranya adalah lagu Små grodorna atau kodok-kodok kecil dan lagu Ida Sommarvisa yang biasa dinyanyikan saat musim panas. Ditampilkan juga keseharian anak-anak di Swedia yang sedang bermain dan bernyanyi bersama ayah mereka. Di Swedia, ayah ikut berperan besar mengurus anak sehari-hari.

Karya Aksi Cinta Indonesia yang bertemakan kebaikan dan kebahagiaan tampil selama 40 menit berupa drama musikal virtual anak-anak yang ditampilkan oleh anak-anak dari berbagai kota terserbar di seluruh Indonesia. Meskipun proses produksi dilakukan dari rumah saja oleh masing-masing pemeran tetapi kostum dan penampilan anak-anak dipersiapkan dengan tidak kalah serius dari pertunjukan sesungguhnya. Anak-anak berhasil menampilkan suatu pertunjukan menarik yang sarat dengan kombinasi cerita, musik, nyanyian dan gambar latar belakang yang artistik. 

Penampilan utama pada Anak Indonesia Berbagi Bahagia adalah penampilan perdana aransemen duet piano lagu-lagu tradisional, nasional dan bahkan lagu dolanan oleh Let The Music Begin yang dimainkan apik oleh pianis-pianis muda berbakat dari berbagai kota di Indonesia, yaitu Helga (Magelang) dan Vanessa (Probolinggo), menampilkan lagu TANAH AIR, Kevin (Blora) dan Arwen (Pontianak), menampilkan JALAN-JALAN yaitu medley lagu “Kring-Kring Ada Sepeda, Naik Kereta Api dan Naik Delman) Kenneth (Blora) dan Bara, menampilkan duet lagu BURUNG KUTILANG
Donna (Madiun) dan Wilson (Jakarta), menampilkan lagu DOLANAN yaitu medley lagu Cublak Suweng, Ular Naga dan Padang Bulan Adi (Probolinggo) dan Alicia (Probolinggo), menampilkan lagu SIMFONI TANAH PASUNDAN yaitu medley lagu Dari Sabang Sampai Merauke, Manuk Dadali dan Cincangkeling
Anak Indonesia Berbagi Bahagia adalah suatu pertunjukan musik spesial yang sangat istimewa karena berhasil mengumpulkan anak-anak lintas kota bahkan lintas negara, disatukan untuk suatu tujuan yang baik, berbagi kebaikan untuk teman-teman di TK Pelemrejo Boyolali agar anak-anak Pelemrejo dapat menggapai bahagia mereka dalam bentuk bangunan sekolah baru yang akan dibangun oleh ars86care foundation. (Lka)
 

Loading...

Artikel Terkait