Nasional

Terus Berkembang! PNM Punya 12 Kancab di Babel, Layani 43.140 Nasabah

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 02/01/2022 15:45 WIB

Ilustrasi PNM.(Foto:ANTARA)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani atau PNM kini memiliki 12 kantor cabang (kancab) di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Jumlah tersebut tercatat hingga per 31 Desember 2021.

Kepala Cabang PNM Bangka Belitung, Daniel Silitonga mengatakan, PNM memiliki dua program unggulan dalam melahirkan dan membesarkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah tersebut.

Kedua program unggulan tersebut yakni Program Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) dan Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang terkonsentrasi dalam pengembangan UMKM.

Selama tahun 2020, PNM melayani 10.858 warga yang menjadi nasabah yang dilayani empat kantor cabang yang berada di Belinyu dan Sungailit (Kabupaten Bangka), Kota Pangkalpinang, dan Tanjung Pandan di Kabupaten Belitung.

Sedangkan hingga akhir November 2021, PNM telah menambah delapan kantor cabang lagi yakni di Mentok dan Kelapa (Bangka Barat), Puding Besar (Bangka), Badau (Belitung), Manggar (Belitung Timur), Bukit Intan (Pangkalpinang), Sungai Selan (Bangka Tengah) dan Toboali (Bangka Selatan).

"Dengan 12 kantor cabang itu, kita melayani 43.140 nasabah di Bangka Belitung," ujar Daniel.

Setelah usahanya berkembang dan perlu penambahan modal, warga dapat memanfaatkan program ULaMM yang menggunakan jaminan dalam pemanfaatannya.

Hingga November 2021, PNM telah memiliki tiga kantor di Babel untuk melayani warga yang ingin memanfaatkan program ULaMM, yaitu di Kota Pangkalpinang, Sungailiat (Bangka), dan Kelapa (Bangka Barat).

"Hingga akhir November 2021, kita sudah menyalurkan dana sekitar Rp 43 miliar bagi 582 nasabah ULaMM," ujar Daniel.*

Artikel Terkait