Daerah

Datang Nikmati Makanan Khas Manggarai di Markedila Cafe Desa Persiapan Bangka Wela Kecamatan Ruteng

Oleh : Marsi Edon - Sabtu, 08/01/2022 10:28 WIB

Markedila Cafe di Desa Persiapan Bangka Wela Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai.(Foto:Istimewa)

Ruteng, INDONEWS.ID - Kampung Wela, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, merupakan salah satu tempat penghasil berbagai hasil pertanian. Salah satunya adalah kopi Manggarai.

Salah satu putra asli Kampung Wela, Aleksius Armanjaya, berinisiatif meningkatkan nilai jual hasil pertanian para petani dengan membuka Markedila Cafe di Desa Persiapan Bangka Wela, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Selain kopi, Markedila Cafe nantinya akan menjual beberapa makanan khas Manggarai yang dibeli dari masyarakat setempat.

"Apa yang saya buat hari ini mengingat masa lalu tentang Kampung Wela. Kampung Wela adalah daerah penghasil kopi dan berbagai hasil pertanian yang memiliki nilai jual sangat baik. Kita kelola ini dengan baik sehingga mendatangkan manfaat lebih kepada masyarakat," kata Putra Asli Kampung Wela yang akrab disapa Leksi pada saat lauching Merkedila Cafe, Jumat,(7/01/2022)

Dalam sambutan saat launching Markedila Cafe ini, Leksi menceritakan berbagai potensi pertanian Kampung Wela pada zaman dahulu. Kampung Wela dikenal sebagai wilayah dengan potensi pertanian seperti Ubi Kayu, Jagung hingga minuman khas Manggarai yang biasa disebut Sopi.

Kehadiran Markedila Cafe, kata Leksi, merupakan menghadirkan wajah Kampung Wela dengan segala potensi yang ada. Tentu, Markedila Cafe hadir dengan wajah moder sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

"Kali ini akan saya coba mengangkat kembali Kampung Wela dalam wajah yang lebih modern," ungkapnya.

Markedila Cafe Dilengkapi Fasilitas Internet

Menjawab perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, Markedila Cafe dilengkapi dengan fasilitas internet seperti wifi. Masyarakat yang datang menikmati berbagai makanan dan minuman khas Manggarai di Markedila Kafe dapat menikmati wifi secara gratis.

Menurut Leksi selaku pemilik Markedila Cafe ini, fasilitas wifi merupakan salah satu tuntutan di tengah perkembangan dunia informasi yang serba cepat. Dengan adanya fasilitas wifi ini, masyarakat maupun anak sekolah di Kampung Wela maupun dari Kampung sekitar dapat memanfaatkan Wifi ini untuk memenuhi kebutuhan mereka.

"Kita sengaja memasang fasilitas internet seperti wifi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan datang di Markedila Cafe," ungkapnya.

Selain menyediakan fasilitas internet secar gratis, Leksi menyampaikan rencana program kuliah gratis kepada masyarakat bagi masyarakat. Rencananya, program kuliah gratis ini diadakan satu kali selama satu bulan dan terbuka untuk semua lapisan masyarakat.

"Kehadiran Markedila Kafe selain mempromosikan makanan dan minuman khas Manggarai, tugas utama kita sebenarnya adalah melaksanakan berbagai program pemberdayaan kepada masyarakat melalui program kuliah gratis," tutupnya.*

 

Loading...

Artikel Terkait