Bisnis

Inspirasi UMKM Gula Merah, Produk Lampung yang Memberdayakan Masyarakat

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 11/02/2022 20:25 WIB

Bapak Surani, salah satu nasabah PNM ULaMM asal Lampung yang memiliki bisnis pembuatan gula merah (Foto: PNM)

Jakarta, INDONEWS.ID - Di balik cerita sukses sebuah usaha, tentu ada perjalanan yang panjang dari pelaku usaha tersebut. Hal itulah yang dialami Bapak Surani. Bapak Surani adalah salah satu nasabah PNM ULaMM asal Lampung yang memiliki bisnis pembuatan gula merah.  Dari usaha produksi gula merah ini, Bapak Surani menghidupi keluarganya selama 20 tahun.

Dengan semangat yang membara, Bapak Surani dalam sehari memanjat pohon kelapa sebanyak 2 kali untuk mengambil nira yang digunakan untuk membuat gula merah. Setelah menjadi nasabah ULaMM selama 1 tahun dengan pembiayaan sebesar 40 juta rupiah, Bapak Surani mengaku sangat terbantu dan optimis untuk gula merahnya dapat bersaing di pasar global.

“Saya mempunyai cita-cita untuk membantu pelaku UMKM, terutama warga Lampung. Semoga dengan berkembangnya bisnis saya, sekaligus gula merah saya bisa saya ekspor ke luar negeri.” ucap Bapak Surani penuh harap.

Berangkat dari keresahannya terhadap angka pengangguran yang tinggi di kecamatan Kalianda, Bapak Surani lalu memutuskan untuk membuka lowongan pekerjaan untuk ikut berkontribusi mengurangi angka pengangguran, hal itu ia realisasikan dengan dilakukannya peminjaman modal ke PNM ULaMM.

Salah satu rahasia Bapak Surani dalam mengembangkan bisnis gula merahnya adalah selalu mengutamakan kualitas produk. Baginya, kunci utama kesuksesannya adalah, jujur, tekun, dan ulet.

“Jujur, saya tidak menyangka usaha gula merah saya berjalan lancar. Ini semua tidak hanya karena niat saya untuk membantu orang lain, juga pasti karena ikut campur tangan Allah SWT. Tidak lupa terima kasih PNM ULaMM yang sudah membantu saya sampai ke titik ini,” ucap Bapak Surani penuh haru.* 

Artikel Terkait