Nasional

Wapres Ma`aruf Amin Hadiri Peresmian Halal Industri Event 2022 di Thamrin City, Jakarta

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 24/05/2022 20:14 WIB

Vice Chairman Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC), Jetty Rosila Hadi menyerahkan secara langsung SGIE Report 2022 versi bahasa Indonesia kepada Wapres Ma`aruf Amin.

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Presiden Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin hadir meresmikan Halal Industri Event 2022 dan Soft Launching Aplikasi Scanner Halal pertama di Indonesia "Haliv" yang diselenggarakan di Thamrin City, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

Halal Industri Event 2022 diprakarsai oleh Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) dan didukung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (APRINDO).

Dalam Halal Industri Event 2022 ini, Indonesia Halal Lifestyle Center bersama Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia menginisiasi Gerakan Retail Modern Peduli Produk Halal sebagai dukungan konkret terhadap realisasi kebijakan pemerintah terkait kewajiban produk konsumsi dan gunaan yang bersertifikat halal.

Adapun agenda utama lainnya dalam acara ini adalah peluncuran Gerakan Retail Modern Peduli Produk Halal, dan Halal Center Indonesia serta The State of Global Islamic Economy Report (SGIER) 2022.

State of Global Islamic Economy (SGIE) Report merupakan laporan tahunan yang hingga saat ini menjadi sumber informasi dan referensi bagi pembangunan dan pengembangan ekonomi Islam global.

Vice Chairman Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC), Jetty Rosila Hadi menyerahkan secara langsung SGIE Report 2022 versi bahasa Indonesia kepada Wapres Ma`aruf Amin.

Laporan ini disusun oleh DinarStandard Dubai yang telah membangun kerjasama dengan IHLC sejak beberapa tahun yang lalu. Senior Partner DinarStandard, Dr. Sayd Farook terbang langsung dari Sydney menyerahkan secara langsung SGIE Report 2022 versi bahasa Inggris kepada Wapres Ma`aruf Amin.

Sedangkan SGIE Report 2022 versi bahasa Indonesia diserahkan langsung oleh Vice Chairman Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC), Jetty Rosila Hadi atau yang akrab disapa Ibu Tila kepada Wapres Ma`aruf Amin.

Pada event ini, Wapres KH. Ma’ruf Amin juga meresmikan Halal Center Indonesia, yakni area showcase dan direct selling bagi produk-produk UMKM halal nusantara.

Para UMKM yang mengikuti program di Halal Center Indonesia akan mendapatkan program inkubasi untuk memperoleh sertifikasi BPJPH, workshop akses pasar retail modern, Islamic financing, serta workshop lainnya yang berkaitan dengan kesiapan ekspor.

Sebelum meninggalkan acara, Wapres meninjau langsung lorong halal atau Halal Row di Hypermart Thamrin City sekaligus uji coba atau soft launching aplikasi Halal Scanner pertama di Indonesia sebagai bentuk adaptasi teknologi inovasi anak bangsa yang diinisiasi oleh IHLC bekerjasama dengan BPJPH.

Terobosan ini selain dapat memberikan ketenangan kepada konsumen gaya hidup halal, kedepannya aplikasi ini juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan halal serta menjadi SuperApp yang menyediakan berbagai informasi mengenai gaya hidup halal terutama di Indonesia.

Peresmian Halal Industri Event 2022 ini diselenggarakan secara hybrid dan diikuti oleh berbagai peserta dari 25 negara mulai dari benua Asia seperti Korea, Jepang, India, hingga Eropa dan Afrika.

Turut hadir secara langsung di Thamrin City di antaranya Sayd Farook Senior Partner of DinarStandard, Anton Sukarna Direktur Bank Syariah Indonesia, Bulut Bagci President of WTFI from Turkey, Roy Mandey Ketua APRINDO, M. Aqil Irham Kepala BPJPH dan Noer Indra Djaya Presiden Direktur Thamrin City.*

 

Artikel Terkait