Nasional

Terima Kunjungan Lemhanas Inggris, Kepala BNPT Ajak Perangi Terorisme Bersama-sama

Oleh : very - Rabu, 25/05/2022 11:21 WIB

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H. bersama Deputi Bidang Kerja Sama Internasional, Andhika Chrisnayudhanto menerima kunjungan peserta Royal College of Defense Studies (RCDS), yang dipimpin langsung oleh komandan RCDS Lieutenant General Sir George Norton. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H. bersama Deputi Bidang Kerja Sama Internasional, Andhika Chrisnayudhanto menerima kunjungan peserta Royal College of Defense Studies (RCDS), yang dipimpin langsung oleh komandan RCDS Lieutenant General Sir George Norton.

Peserta yang  hadir, terdiri dari 30 participan dari berbagai negara/multinational participants. Kegiatan bertempat di Kantor BNPT, Jakarta Pusat pada Selasa (24/5).

Dalam sambutannya, Kepala BNPT memperkenalkan negara Indonesia secara umum. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa penyebaran ideologi - ideologi terorisme dan radikalisme berkembang sangat cepat.

Sebagai aparatur negara, semua lembaga nasional maupun internasional diharapkan dapat saling bekerja sama demi memutus penyebaran terorisme dan radikalisme tersebut.

"Seperti yang kita ketahui, ini adalah kejahatan transnasional, kejahatan luar biasa. Maka dari itu kita membangun ketahanan masyarakat bersama-sama untuk melawan terorisme dari semua kalangan, anak muda, laki laki, perempuan dan kalangan lainnya. Kita membangun persatuan untuk berperang melawan terorisme," tutur Boy Rafli Amar melalui siaran pers Humas BNPT di Jakarta.

Mengibaratkan seperti virus corona, Kepala BNPT mengatakan bahwa bersama-sama harus menemukan vaksin, layaknya vaksin virus corona guna memberantas dan mencegah terjadinya penyebaran paham paham radikalisme dan terorisme.

Sementara itu, komandan RCDS Lieutenant General Sir George Norton melihat pentingnya pertemuan hari ini antara BNPT dan Inggris sebagai landasan dalam memperkuat kerjasama penanggulangan terorisme.

"Terima kasih kepada BNPT yang telah memfasilitasi kunjungan kami. Penerimaan kunjungan ini akan memperkuat kerjasama penanggulangan terorisme antara Indonesia dan Inggris. Ini merupakan bagian dari implementasi MoU kerja sama penanggulangan terorisme antara Indonesia dan Inggris yang telah ditandatangani pada 7 April 2021," ungkap komandan RCDS, Lembaga setingkat Lemhanas di Indonesia.

Hubungan baik antara Indonesia dengan Inggris dalam perjuangan pemberantasan dan penanggulangan terorisme dan radikalisme, diharapkan mampu berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang damai. ***

 

 

Artikel Terkait