Nasional

Ketum ILUNI FISIP UI: Saatnya Kita Bersatu Majukan Desa di Indonesia

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 04/06/2022 11:28 WIB

Ketua Umum Ikatan Alumni (ILUNI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Budi Arie Setia bersama para teman alumni di dalam acara syukuran kemenangan Arie yang digelar di Restaurant Sand & Salt, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (4/6/22) pagi.

Jakarta, INDONEWS.ID - Setelah sukses terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni (ILUNI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia (UI), Budi Arie Setia mulai bergerak merealisasikan janjinya.

Pendiri sekaligus Ketua Umum Pro Jokowi (ProJo) itu menyampaikan bahwa di bawah kepemimpinannya, ia mendorong segenap alumni FISIP UI lintas angkatan agar bersatu memberikan perhatian khusus terhadap kemajuan desa-desa di Indonesia.

Sosok yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta itu mengatakan
salah satu program kegiatan awal dari kepemimpinannya adalah melaksanakan program kegiatan memajukan desa di berbagai daerah di Indonesia.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendestrans) ini dalam acara syukuran kemenangan Arie yang digelar di Restaurant Sand & Salt, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (4/6/22) pagi.

"Saatnya untuk bersatu bersama-sama memajukan Fisip UI. Semoga para alumni FISIP UI lintas angkatan memajukan masyarakat Indonesia," kata Budi Arie kepada media ini di lokasi.

Dalam acara syukuran sekaligus kumpul guyub bareng Ketua ILUNI FISIP UI ini, tampak hadir para alumni lintas angkatan: baik angkatan senior maupun angkatan muda.

Pemimpin Redaksi Media Indonews.id, yang juga alumnus FISIP UI angkatan 78 secara khusus mengucapkan selamat kepada Budi Arie Setiadi menjadi ketua umum ILUNI FISIP UI.

"Saya mewakili Indonews.id dan secara khusus sebagai sesama alumni FISIP UI, saya mengucapkan selamat kepada Budi Arie atas keterpilihannya di tengah kesibukan beliau sebagai Wamendestrans," kata Asri Hadi.

Sosok Arie Budi Setiadi

Budi Arie Setiadi atau yang akrab dipanggil Muni oleh teman-teman dekatnya, lahir di Jakarta 20 April 1969. Ia adalah Wakil Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pertama Indonesia (Wamendestrans).

Budi dikenal aktif berorganisasi. Sejumlah jabatan pernah dipercayakan kepadanya. Antara lain pada tahun 1993-1994, dia aktif di bidang kemahasiswaan dengan menjadi Redaktur Pelaksana Majalah Suara Mahasiswa UI.

Arie juga tercatat pernah memimpin gerakan mahasiswa sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP UI 1994 dan Ketua Presidium Senat Mahasiswa UI pada periode 1994/1995.

Budi juga menjadi Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Jakarta pada 1998-2001 dan mendirikan Gerakan Sarjana Jakarta (GSJ) dan Masyarakat Profesional Indonesia (MPI).

Pada era reformasi 1998, bersama aktivis mahasiswa dan alumni UI, Budi juga memprakarsai lahirnya Keluarga Besar (KB) UI.

Saat reformasi bergejolak 1998, ia menginisiasi dan mendirikan surat kabar yang kritis dengan nama "BERGERAK" pada tahun 1998.

Bersama wartawan Tempo yang baru saja dibredel, ia aktif mengelola mingguan Media Indonesia pada tahun 1994-1996.

Selanjunya, bersama beberapa seniornya, ia ikut menjadi bagian awal dari berdirinya Mingguan Ekonomi Kontan. Budi menjadi jurnalis Kontan dari tahun 1996 hingga 2001.

Sebagai politikus, Budi Arie menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta pada 2005-2010 dan juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Sebagai politikus, Budi Arie pernah menjadi Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta (2005-2010) dan juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Ia kemudian mendirikan PROJO, kelompok relawan darat terbesar pendukung Joko Widodo, sejak Agustus 2013. PROJO kemudian berjuang mengumpulkan aspirasi pencapresan Jokowi.

Hal itu dilakukannya sebelum dideklarasikan PDIP secara resmi, melawan arus pencapresan Megawati dengan wakil presiden Jokowi yang ramai saat itu, dan akhirnya Jokowi berhasil menjadi Presiden Ketujuh Republik Indonesia.

Dia kemudian mendirikan Projo pada Agustus 2013. Selain menjadi Ketua Umum Projo, saat ini Budi Arie juga menjadi Dewan Penasihat ILUNI UI.

Pada 2019 lalu, Presiden Jokowi akan melantik Budi sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendestrans) dan masuk dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara Jakarta.

Budi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Alumni (ILUNI) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia yang berlangsung secara online hari ini di Jakarta, Minggu (29/5).*

Artikel Terkait