Gaya Hidup

Ini 7 Tips Membeli iPhone Secara Online

Oleh : very - Senin, 06/06/2022 16:59 WIB

iPhone. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID - Mewah dan elegan adalah kesan pertama saat melihat handphone iPhone. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai smartphone yang satu ini. Dapat diakui harga iPhone sendiri memang lebih mahal daripada android, bahkan model yang sudah agak lama pun harganya tetap tinggi dan masih menjadi incaran. Misalnya harga iPhone SE sekarang di Indonesia keluaran 2016 saja masih seharga 5 hingga 9 juta rupiah.

Akan tetapi, iPhone memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan android. Keamanan data yang terjamin, performa mulus dan kencang, iOS yang selalu update, hasil kamera ciamik, harga jual iPhone bekas yang tinggi, serta fitur yang lebih canggih dibanding android menjadi keunggulan yang tak tergantikan yang dimiliki iPhone.

Bagi Anda yang ingin membeli iPhone atau hendak beralih dari android ke iPhone lalu ingin membeli secara online, jangan impulsif dan asal murah, ya! Pasalnya banyak official store yang menawarkan harga murah dan promo tapi juga fiturnya kurang lengkap. Supaya tidak zonk, pastikan Anda membeli di toko terpercaya, seperti di Blibli.com.

Nah, apabila kamu ingin membeli iPhone secara online, berikut ini beberapa tips yang harus kamu perhatikan agar mendapat produk yang berkualitas dan bergaransi. Simak ulasannya berikut ini, ya!

 

  1. Riset terlebih dahulu

Tahap pertama untuk membeli iPhone secara online adalah melakukan riset. Anda dapat bertanya pada orang yang sudah pernah membeli iPhone secara online dan pengguna iPhone lainnya. Tanyakan toko mana saja yang bagus berikut kekurangan dan kelebihannya. Tentunya Anda ingin mendapatkan handphone dengan harga terjangkau tapi spesifikasinya tinggi, kan? Jadi, sebisa mungkin perbanyak waktu untuk melakukan riset pasar.

  1. Beli di toko terpercaya

Membeli iPhone di iBox tentu sangat disarankan bagi Anda pengguna iPhone baru. Namun, harga di iBox bisa lebih mahal sehingga banyak yang lebih memilih membelinya secara online. Untuk itu, Anda memerlukan kejelian saat memilih toko online di marketplace yang menawarkan iPhone. Jangan lupa baca review dan bintang yang baik, deskripsi produk yang lengkap, serta penjual responsif akan pertanyaan yang Anda tanyakan.

  1. Tanyakan secara rinci kepada seller

Jika Anda sudah menemukan toko yang sesuai preferensi Anda, jangan ragu untuk bertanya secara rinci terkait produk yang ingin Anda beli. Tanyakan garansi produk, garansi pengiriman, promonya apa saja, paket penjualan berupa apa, dan sebagainya.

  1. Jangan lupa perhatikan kode negara untuk garansi

iPhone memberikan garansi secara regional, bukan universal. Artinya iPhone yang Anda miliki hanya bisa diklaim asuransinya sesuai negara di mana iPhone tersebut dijual. Untuk itulah pilih garansi resmi untuk Indonesia agar tidak membingungkan jika handphone bermasalah. Cara mengetahuinya adalah dengan melihat bagian belakang boksnya, yaitu kiri bawah, kode untuk Indonesia adalah PA/A.

Selain itu, tanyakan juga pada seller tentang IMEI. Pasalnya Indonesia memiliki aturan IMEI yang mengharuskan semua perangkat memiliki IMEI terdaftar.

  1. Perhatikan kondisi iPHone

Meski iPhone bisa dibilang baru, Anda juga harus tahu kondisinya benar-benar baru atau rekondisi. Pasalnya banyak pihak yang menjual iPhone bekas yang diperbaiki dan dirombak kemudian dijual dengan tag baru dan harganya cukup mahal. Dari sisi kualitas, sudah jelas iPhone rekondisi kualitasnya rendah.

  1. Cek garansi resmi atau distributor

Hal yang harus diperhatikan lainnya yaitu sumber garansinya. Apabila Anda membeli online, Anda dapat menemukan label iPhone B-Cell, iPhone The One, iPhone Platinum, iPhone Bless, iPhone TAM/SES dan lainnya. iPhone yang disebutkan tersebut adalah garansi distributor.

Apabila Anda membeli di iBox, maka keterangan di atas tidak ada karena iBox hanya akan memberikan garansi resmi Apple.

Bisa jadi Anda menemukan produk iPhone dengan harga jual murah, namun nyatanya garansi tidak jelas atau bahkan tidak ada garansi. Jangan sampai anda tertipu serta menyesal dengan keterangan garansi yang tertera.

  1. Pilih iPhone baru atau bekas

Jika Anda sudah memilah sesuai tips di atas, saatnya menentukan apakah Anda membeli iPhone baru atau bekas. Jangan tergiur dengan harga mudah saja karena bisa jadi harga murah tapi ternyata bekas. iPhone bekas pun harus banyak yang diperhatikan, seperti battery health, dan cara pemakaian orang sebelumnya. Selain itu, sebaiknya Anda membeli handphone dengan sistem COD untuk melihat langsung kondisi handphone yang hendak Anda beli serta mencegah tindak penipuan.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips saat membeli iPhone secara online baik bekas maupun baru. Selain yang disebutkan di atas, Anda juga harus memahami spesifikasi handphone yang Anda butuhkan. Jangan asal murah dan tergiur promo, Anda langsung membeli iPhone yang sebenarnya spesifikasinya jauh dari kebutuhan Anda. Ditambah lagi, Anda harus mempelajari sumber resmi lalu cocokkan dengan produk yang ditawarkan toko online.

Jangan lupa membeli handphone di marketplace yang terpercaya dan berkualitas, seperti Blibli.com. Anda juga bisa mendapatkan informasi yang lengkap, promo potongan harga, dan gratis ongkir. Selain itu, Blibli.com juga menyediakan berbagai iPhone berkualitas. Jadi, Anda tak perlu khawatir lagi saat berbelanja iPhone di Blibli.com. Yuk, cek harga iPhone sekarang! ***

Loading...

Artikel Terkait