Nasional

Kunjungi Kesennuma, Dubes Heri dan Kenji Siap Perkuat Solidaritas dan Kerja Sama Kebencanaan Indonesia-Jepang

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 09/06/2022 18:01 WIB

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi mengunjungi Kota Kesennuma di Prefektur Miyagi, Jepang pada Kamis, 9 Juni 2022.

Jakarta, INDONEWS.ID - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi, dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi mengunjungi Kota Kesennuma di Prefektur Miyagi, Jepang pada Kamis, 9 Juni 2022.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama Indonesia – Jepang di antaranya dalam bidang penanganan kebencanaan.

“Kunjungan saya bersama Duta Besar Kenji Kanasugi ini untuk lebih merekatkan solidaritas dan memperkuat kerja sama kebencanaan antara Indonesia - Jepang,” ujar Dubes Heri saat berkunjung ke Balai Anak Persahabatan Yudhoyono yang berdiri sejak tahun 2018 di Perpustakaan Kota Kesennuma.

“Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Bapak Jusuf Kalla mendapat penghargaan tertinggi dari Kaisar Jepang yaitu Grand Cordon of the Order of the Rising Sun. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi langsung dari Kaisar atas peran Bapak Jusuf Kalla dalam meningkatkan persahabatan Indonesia Jepang termasuk menggalang solidaritas dunia atas gempa disertai tsunami di Jepang pada 2011," tambahnya.

Sementara Dubes Kenji Kanasugi dalam kesempatan itu menggarisbawahi pentingnya kerja sama penanganan bencana antara Indonesia – Jepang.

“Alangkah baiknya bencana alam itu tidak terjadi. Tetapi, apabila benar-benar terjadi, maka proses minimalisasi dampak dan proses pemulihan seperti sedia kala perlu dijalankan. Untuk itu, Jepang dan Indonesia akan terus bekerja sama. Bangunan ini dapat dianggap sebagai salah satu simbol untuk kerja sama menuju masa depan tersebut,” kata Dubes Kenji.

Kesennuma, Miyagi, adalah salah satu daerah yang terkena dampak langsung gelombang tsunami pada 11 Maret 2011. Gempa berkekuatan 9 magnitudo menyebabkan gelombang tsunami lebih dari 10 meter dan meratakan sejumlah prefektur seperti Miyagi, Fukushima, dan Iwate. Kesennuma merupakan daerah yang cukup cepat pulih setelah terkena tsunami yang menyebabkan kerusakan parah dan korban jiwa sekitar 18 ribu orang ini.

Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada saat itu mengunjungi kota Kesennuma dan menyumbangkan donasi dari Pemerintah Indonesia sebesar 2 juta dollar AS sebagai dana rekonstruksi.

Pemerintah Kota Kesennuma kemudian membangun Balai Anak Persahabatan Yudhoyono sebagai bentuk apresiasi.

Bertemu Walikota Kesennuma & Asosiasi Pengusaha Perikanan Kesennuma

Didampingi oleh Atase Perhubungan KBRI Tokyo Syamsu Rizal, Dubes Heri selain berkunjung ke Balai Anak Persahabatan Yudhoyono bersama Dubes Kenji juga bertemu dengan Walikota Kesennuma Shigeru Sugawara untuk membahas persiapan penyelenggaraan Minato Festival yang akan dilaksanakan pada 6-7 Agustus 2022.

Dubes Heri dan Dubes Kenji juga melakukan pertemuan dengan Asosiasi Pengusaha Perikanan Kesennuma. Pertemuan ini membahas penguatan kerja sama di bidang pemberdayaan Anak Buah Kapal (ABK), dalam hal ini pendirian sekolah vokasi, utamanya penyiapan kemampuan Bahasa Jepang bagi para ABK.*

Artikel Terkait