Bisnis

Di Tasikmalaya, PNM Gelar Pelatihan Budidaya Sorgun bagi Nasabah Mekaar

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 16/06/2022 16:59 WIB

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengadakan pelatihan kepada 50 nasabah binaan dari program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar).

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengadakan pelatihan kepada 50 nasabah binaan dari program PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekar).  

Salah satu aktivitas pembinaan yang dilakukan PNM yaitu melalui Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha, berupa pembinaan klasterisasi usaha berbasis kelompok.

Dengan pendekatan kelompok, diharapkan aktivitas pembinaan tersebut bisa lebih efektif mengingat adanya kesamaan jenis usaha. Pelatihan dilakukan di Dusun Margahayu Desa Papayan Kec Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat. Rabu (15/6/2022)

Di sektor pertanian, pemerintah Kabupaten  Tasikmalaya terus mengupayakan eksistensi dan pertumbuhan sektor usaha pertanian khususnya untuk mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan serta dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Salah satu UMK yang memiliki potensi untuk dikembangkan baik melalui pelatihan maupun pendampingan adalah kelompok pertanian tanaman sorgum di Dusun Margahayu Desa Papayan Kec Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya. Peserta pelatihan merupakan Nasabah PNM Unit Mekaar Jatiwaras. Saat ini Unit Mekaar Jatiwaras mengelola 4.301 Nasabah. 

Pemimpin Cabang PNM Tasikmalaya Rahmad Sadono mengatakan, pelatihan yang diselenggarakan pada Tgl 15 Juni 2022 ini dihadiri oleh  seluruh jajaran Muspika Kecamatan Jatiwaras dan dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kabupaten Tasikmalaya, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Tasikmalaya, Perkumpulan Petani Multikomoditas Agricamp Papayan, serta peserta Nasabah PNM Unit Mekaar Jatiwaras. 

"Pada kegiatan tersebut juga dilakukan peresmian Ruang Pertemuan dan Pelatihan merupakan Program Desa Binaan PNM serta juga dilakukan penandatanganan kerjasama jual beli produk hasil panen sorgum dengan offtaker sorgum untuk memastikan kepastian pasar dari hasil panen petani yang merupakan Nasabah PNM Unit Mekaar Jatiwaras," ungkapnya. 

Pelatihan yang diberikan mengambil tema "Teori Budidaya Sorgum, Teknik Praktek Penanaman Pemupukan dan Perwatan Sorgum, Teknik Praktek Pengolahan Hasil Panen Sorgum untuk Konsumsi dan Pakan Ternak."

Materi yang diberikan diharapkan dapat memberikan wawasan pengetahuan baru kepada Nasabah PNM agar dapat melakukan terobosan baru dalam diferensiasi produk pertanian untuk mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan.*

 

Loading...

Artikel Terkait