Nasional

Pengamat: Rizal Ramli Bakal Jadi Capres Paling Pro Rakyat

Oleh : very - Jum'at, 17/06/2022 16:01 WIB

Rizal Ramli

Jakarta, INDONEWS.ID - Jelang perhelatan pemilihan presiden 2024 telah muncul sejumlah tokoh yang meramaikan pesta demokrasi tersebut. Tokoh tersebut baik yang dimunculkan oleh sejumlah lembaga survei maupun yang ramai diperbincangan media sosial, seperti Rizal Ramli.

Setidaknya ada sembilan nama yang pantas menjadi calon presiden periode 2024-2029 mendatang. Mereka antara lain Prabowo Subianto (Gerindra), Anies Baswedan (Gubernur DKI), Rizal Ramli (ekonomi/tokoh nasional), Erick Tohir (Menteri BUMN), Airlangga Hartarto (Partai Golkar), Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), Puan Maharani (PDIP), dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Lantas siapa dari para tokoh tersebut yang layak dan yang diharapkan mampu memperbaiki dan mampu membawa perubahan di negeri ini? Atau siapa dari antara para tokoh tersebut yang paling pro dan paling mengetahui kesusahan rakyat?

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengatakan, satu dari 9 tokoh yang paling pro rakyat yakni Rizal Ramli.

“Jadi Rizal Ramli mengerti betul kesusahan rakyat,” ujar Jerry seperti dikutip RadarBangsa.co.id, Rabu (15/6/2022).

Jerry mengatakan, sikap pro rakyat mantan Menko Perekonomian ini tidak terlepas dari latar belakang keluarganya. Seperti diketahui, mantan Menko Ekuin di era Gus Dur itu dibesarkan oleh neneknya dan seorang anak yatim piatu. Jadi, Rizal Ramli sudah dibesarkan di tengah keluarga yang mengerti apa artinya perjuangan, pengorbanan dan penderitaan.

Jerry mengungkapkan, Prabowo, Agus Yudhoyono, dan Puan adalah tipikal pemimpin yang peduli. Tapi untuk poin tertinggi masih disematkan kepada Rizal Ramli. Sementara Ganjar merupakan bukan tipikal peduli rakyat. Yang dilakukan Ganjar saat ini terpaksa saja demi elektoral. Oleh karena yang dilakukan Ganjar saat ini hanya berpura-pura peduli.

Jerry menilai, sosok Erick mirip dengan Ganjar yang tidak peduli rakyat kecil tapi sandiwaranya lebih besar. Liha saja, katanya, fasilitas negara ATM banyak terpampang wajah Erick ini.

Sampai Mei 2022 GoTo yang di-support dana dari BUMN pun masih mengalami kerugian sebesar Rp 6,6 triliun. Jadi Erick bukan tipikal peduli rakyat kecil. Masih lebih baik Prabowo dan Ketua KPK Firli yang masih memikirkan nasib rakyat dan bangsa.

“Seperti AHY yang sempat turun ke lapangan bersosialisasi dengan masyarakat, tentunya ini merupakan hal positif,” ujar Jerry.

Jerry menambahkan, di antara Ganjar dan Anies sebetulnya Anies masih memiliki kepedulian. Sementara kepedulian Ketum Golkar Airlangga Hartarto masih jauh di bawah Rizal Ramli.

Karena itu, katanya, saat ini rakyat sangat butuh calon presiden yang berbagi dengan kelompok marjinal. ***

 

Loading...

Artikel Terkait