Nasional

Wapres Ma`ruf Beberkan Penyebab Banyak Dukung Pemekaran Papua

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 30/06/2022 21:02 WIB

Wakil Presiden Ma`ruf Amin (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Wakil Presiden Ma`ruf Amin tidak memungkiri adanya pro kontra terkait pemekaran 3 wilayah di Papua. Namun, ia menekankan mayoritas penduduk setempat mendukung. Alasannya, agar dapat cepat terlayani.

"Bahwa ada (yang menolak) iya, tapi menurut hasil penelitian bahwa hasil berbagai penelitian, mereka mendukung adanya pemekaran karena mereka ingin lebih cepat terlayani. Upaya kita ke mereka terus akan melakukan sosialisasi, dialog, memberikan pemahaman yang lebih dalam lagi kepada mereka," kata Ma`ruf di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (30/6).

"Artinya kalau dibagi wilayahnya jadi pelayanannya, koordinasi lebih dekat dengan masyarakat. Ini tujuannya untuk lebih mudah melayani masyarakat dalam rangka menyejahterakan," kata Ma`ruf.

Menurut Ma`ruf, jika pelayanan masyarakat terlalu jauh dalam satu provinsi, maka akan kurang mampu menangani secara menyeluruh kebutuhan rakyat.

"Dan kita berkomitmen, mereka yang akan jadi pimpinan memang kita utamakan orang asli papua. Karena itu DPR sudah melakukan berbagai penjajakan, RDPU, telah melakukan berbagai penjajakan di beberapa daerah di Papua, bahkan gubernur sendiri sudah menyetujui penyusunannya," jelas dia.*

Artikel Terkait