Nasional

Ini Alasan Panglima Andika Kirim Dokter Forensik TNI Lakukan Autopsi Ulang Brigadir J

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 24/07/2022 19:30 WIB

Panglima TNI Andika Perkasa (foto: istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memastikan dokter forensik TNI terlibat dalam proses autopsi ulang jasad Brigadir J. Brigadir J diduga tewas akibat baku tembak di rumah bekas Kadiv Propam, Irjen Pol Ferdy Sambo.

Bergabungnya salah satu dokter forensik militer dari Rumah Sakit Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto itu sesuai permintaan tim Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI).

"Kami sudah diberi tahu oleh Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia. Dan perhimpunan ini sudah juga memilih salah satunya dokter TNI," ujar Andika di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (24/7).

Andika menyebut dokter forensik TNI ini berinisial F. Dia terpilih untuk terlibat autopsi ulang jenazah Brigadir J karena memiliki berkompeten.

"Dipilih oleh Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia karena memang punya kompetensi. Dokter F, ini dari RSPAD. Perhimpunan ini yang juga isinya mereka-mereka yang kompeten, senior, kemudian menjaga kode etik dan seterusnya," kata dia.

Andika menegaskan akan menitipkan pesan kepada dokter forensik tersebut agar bekerja berdasarkan keilmuan dan tetap menjaga kredibilitas institusi. Bahkan apabila dibutuhkan, mantan Kasad ini pun siap menambahkan bantuan jika diperlukan.

"Saya akan menitipkan pesan bahwa jaga kredibilitas, kita jaga integritas, dan seterusnya. Intinya keilmuan, objektivitas itu harus prioritas kita," tuturnya.

"Satu saja yang diambil kami siap, mau tambahannya pun ada. Yang jelas kami siap, kami siap karena memang kami punya sumber daya manusia-nya. Kami juga punya rumah sakit-nya seandainya diperlukan," tambah dia.*

Artikel Terkait