Opini

Kematiannya Lebih Terkenal Daripada Kehidupannya

Oleh : luska - Kamis, 11/08/2022 08:08 WIB

Penulis : Binoto Nadapdap

Ada orang yang semenjak dari kandungan sudah terkenal. Kita dapat lihat dan saksikan sendiri Ketika orang tertentu, umpamanya ada anggota keluarga kerajaan yang sedang mengandung bayi, ada berbagai berita dan informasi terkait dengan bayi dalam kandungan tersebut. Sejumlah pihak berlomba-lomba untuk mendapatkan berita yang teraktual  yang terkait dengan bayi yang masih dalam perjalanan menuju dunia yang fana tersebut. Agaknya, apapun yang terkait    atau meyangkut bayi yang ada dalam kandungan sepertinya menarik dan tidak habis untuk diikuti.    Misalnya soal apa jenis kelamin dari bayi dalam kandungan  ramai diberitakan. Bagi keluarga kerajaan misalnya, soal jenis kelamin penting. Yaitu  dalam kaitannya dengan kelangsungan siapa kelak yang bakal berhak sebagai pewaris tahta. Kerajaan tertentu mengisyaratkan bahwa yang berhak untuk memegang tahta kerajaan hanyalah laki-laki. Sedangkan kerajaan tertentu tidak mempersoalkan  gender tersebut. Siapapun keturunan dari raja, baik itu laki-laki maupun perempuan sama-sama berhak untuk  mempunyai kesempatan sebagai  pewaris tahta kerajaan.

Dari media massa kita juga dapat membaca soal kelahiran bayi yang semenjak dari kelahirannya sudah sedemikian menarik perhatian. Dalam artian  bahwa wajah bayi dari dari pasangan selebritas tertentu sudah mempunyai  nilai jual yang sedemikian tinggi. Sejumlah pihak berlomba-lomba untuk mendapatkan kesempatan pertama untuk mengambil gambar orok yang baru lahir. Karena  ada  banyak pihak yang tertarik, sang orang tua dari bayi, memberikan hak eksklusif kepada pihak tertentu untuk mendapatkan kesempatan mengambil gambar  dan kemudian mempunyai hak  untuk menyiarkannya. Kesempatan untuk mendapatkan gambar sang bayi untuk pertama kali sudah menjadi rebutan. Suatu kesempatan yang sangat langka, yang tidak dimiliki oleh kebanyakan bayi. Karena sifatnya sangat langka, photo bayi tertentu yang baru lahir sudah sedemikian terkenal dan dikenal luas. Dan selain terkenal juga memberikan manfaat ekonomis tertentu yang nilainya tidak sedikit bagi orang tua bayi.

Dapat dipastikan bahwa bayi yang terkenal dari sejak lahir jumlahnya tidak akan banyak. Jumlah bayi yang tidak terkenal pasti jauh lebih banyak daripada bayi yang terkenal. Tidak bisa   dibuat perbandingan yang pasti mengenai berapa bayi yang terkenal kelahirannya dengan bayi yang tidak terkenal. Populasi bayi yang terkenal dari sejak hadir di bumi jagad raya sangat tidak sebanding dengan bayi yang tidak terkenal.

Demikian juga dengan langkah selanjutnya dalam perjalanan hidup. Dapat dipastikan bahwa perjalanan hidup manusia (baik itu anakl-anak, remaja, dewasa, keluarga, maupu yang sudah tua dan jompo) tidak banyak yang terkenal. Jumlahnya manusia yang terkenal tidak banyak.

Sejak zaman dahulu kita dapat membaca soal kisah di mana ada manusia yang sangat terkenal pada saat-saat akhir  hidupnya. Sebagai contoh dapat kita kemukakan adalah kisah Socrates. 

Filsuf dari Yunani ini tidak begitu banyak diketahui mengenai kelahirannya. Yang lebih banyak dikenal mengenai pegiat kearifan ini adalah soal ajarannya. Salah satu satu ajarannya yang terkenal dan cukup rendah hati adalah soal pengakuan atas ketidaktahuannya terhadap banyak hal. Dengan rendah hati Socrates mengatakan bahwa salah satu hal yang dia ketahui adalah bahwa dia tidak mengetahui apa-apa. Yang saya ketahui kata Socrates adalah soal ketidaktahuan. 

Ada banyak ajaran yang ditinggalkan oleh Socrates yang bermanfaat bagi manusia saat sekarang ini. Ajaran yang dikemukakannya kurang lebih 24 abad lalu hingga saat ini masih tetap menarik untuk dipelajari. Zaman boleh berganti, waktu boleh berputar terus, namun ajaran Socrates masih tetap menarik untuk diperbincangkan. Nampaknya setiap berbicara mengenai filsafat, nama Socrates tidak akan dapat diabaikan.

Salah satu hal  yang tetap aktual  atau terkenal dari akhir hidup Socrates adalah soal bagaimana dia mengakhiri hidupnya. Dia mengatakan bahwa kebenaran  haruslah tetap dipertahankan dan dijunjung tinggi. Namun di sisi lain Socrates mengatakan bahwa setiap warga negara haruslah patuh kepada penguasa. Ketika terjadi perbenturan antara kebenaran dengan perintah penguasa, maka yang “berlaku” ada kekuasaan. 

Socrates dituduh  menyiarkan ajaran yang meracuni jalan pikiran anak muda. Dia dihadapkan pada pengadilan yang sejak dari awal sudah diskenariokan untuk menyatakan Socartes bersalah. Jika  pengadilan menyatakan  bahwa Socrates terbukti menyebarkan acara meracuni pikiran anak muda,  hukumannya adalah Socartes harus mengakhiri hidupnya dengan cara meminimum racun. Pada saat itu, bagi seseorang yang dinyatakan terbukti salah melakukan perbuatan jahat, hukumannya adalah  hukuman mati dengan cara meminum racun.

Sebetulnya  ada dua cara bagi  Socartes untuk  selamat dari hukuman. Pertama  adalah buron atau kabur dan kedua adalah dengan cara mengakui bahwa ajarannya adalah merupakan ajaran yang meracuni pikiran kaum muda. Dua-duanya terbuka lebar bagi Socrates untuk selamat dari jeratan hukuman mati. Namun kedua-duanya ditolak oleh Socrates. Bagi Socrates kabur atau buron maupun mengakui ajarannya salah  adalah tabu sifatnya. Socrates tidak mau lari dari tanggung jawab. Apapun risiko dari ajarannya, dia bersedia untuk mengambil alih risiko.

Akhirnya Socrates dinyatakan terbukti  bersalah. Sebagai konsekwensinya adalah daripa mengakui ajaran yang benar sebagai ajaran yang salah atau meracuni pikiran kaum muda,  Socrates akhirnya mengakhiri  hidupnya dengan cara meminum racun. Dengan tenang Socrates mengatakan mari kita mempertahankan prinsip kita masing-masing, sambal meneguk racun yang telah disediakan  untuknya oleh pihak yang menghukum. Socrates meninggalkan dunia ini dengan cara meminum racun. Socrates terkenal karena ajarannya dan juga karena kematiannya yang  penuh dengan kontroversi tersebut.

Dari tanah air kita juga dapat mencatat perihal tokoh buruh dari Jawa Timur yang meninggal  dengan cara mengenaskan. Tokoh tersebut bernama Marsinah.  Kisah perjalanan hidup dari Marsinah  tidak banyak diketahui oleh orang banyak. Misalnya tidak banyak catatan mengenai tokoh buruh ini. Seperti masa kecilnya, masa sekolahnya dan kehidupan yang lain.  Yang terkenal dari Marsinah bukan kehidupannya  akan tetapi adalah kematiannya. 

Di  awal bulan Juli  tahun 2022 ini, kita disuguhkan berita mengenai meninggalnya salah seorang  anggota kepolisian  Republik Indonesia.  Kehidupan dari anggota bhayangkara ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Yang diketahui oleh publik adalah soal kematiannya yang    tidak wajar. Soal siapa pelakunya serta siapa yang berperan serta atas meninggalnya salah satu anggota kepolisian  tersebut masih dalam   ditangani oleh aparat kepolisian. Nanti pengadilanlah yang menentukan siapa yang bertanggung jawab atas kematiannya. 

Kematian  anggota kepolisian ini jauh lebih terkenal daripada kehidupannya. Turut berduka cita.  Semoga kejadian  seperti ini tidak lagi terulang dalam kehidupan kita pada masa yang  akan datang.  Semoga kematian itu tidak lebih terkenal dari kehidupan.

Nunukan, 10 Agustus 2022.

 

Artikel Terkait