https://vinosdeabona.com/slot-gacor/ https://www.tpcd.org.tr/slot-deposit-pulsa/ https://healthcare.skho.moph.go.th/labor-care/uploads/slot-deposit-pulsa/ https://seoscaning.com/slot-deposit-dana/ http://www.info-secur.ru/old/slot-deposit-pulsa-tanpa-potongan/ http://academia.uniminuto.edu/becassp/notas/jasabola/

Gaya Hidup

Disiplin Lakukan Ini Biar Tak Kaget Saat Cek Tagihan Listrik

Oleh : very - Jum'at, 19/08/2022 11:18 WIB

Ilustrasi Lampu Pijar. Sumber: https://unsplash.com/photos/Bb9jWuTMPUk?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Jakarta, INDONEWS.ID - Siapa di antara Anda semua yang kerap was-was saat cek tagihan listrik? Merasa sudah menghemat listrik namun tagihan tetap saja tinggi? Kalau hal itu masih Anda rasakan, bisa jadi langkah penghematan listrik Anda belum maksimal.

Tak bisa dipungkiri, listrik merupakan kebutuhan utama yang dibutuhkan semua orang. Hampir semua kegiatan membutuhkan daya listrik, sehingga ketiadaan listrik akan membuat banyak hal macet, mangkrak, atau lebih buruk lagi mati.

Di masa sekarang ini, meski pandemi sudah mulai mereda, dampaknya dari segi ekonomi masih sangat terasa. Banyak negara-negara mengalami inflasi yang cukup mengkhawatirkan. Di Indonesia juga tak luput dari ancaman krisis.

Harga bahan-bahan pokok mulai merangkak naik, berdasarkan berita di laman kompas.com, mulai 1 Juli 2022 PLN memberlakukan kenaikan tarif listrik yang besarannya bervariasi tergantung golongan pengguna listrik.

Hal tersebut tentunya menjadi pemicu tambahan agar kita semakin disiplin dalam menghemat listrik. Penggunaan listrik tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Namun banyak cara yang bisa kita lakukan agar kita tetap bisa maksimal dalam menggunakan listrik, namun tagihan yang dibayarkan bisa berkurang.

Berikut ini tips-tips sederhana untuk menghemat penggunaan listrik di rumah Anda;

1. Maksimalkan Jendela & Ventilasi

Buat rumah Anda memiliki jendela dan ventilasi yang cukup. Apabila kanan kiri rumah sudah penuh, manfaatkan penggunaan genting kaca atau yang sejenisnya agar cahaya matahari bisa masuk melalui atap rumah.

Hal ini akan mengurangi penggunaan lampu apabila hari sudah mulai terang. Tentunya cara seperti itu akan membuat rumah tetap terang namun tanpa listrik.

2. Matikan Alat Elektronik Yang Tidak Dipakai

Tips kedua ini seolah-olah gampang, namun prakteknya sering banyak orang tak memperhatikan. Mereka menyalakan televisi tanpa tahu kebutuhannya, hasilnya televisi menyala kemudian ditinggal bermain smartphone. Selain itu kasus serupa kerap terjadi untuk AC dan kipas angin. Pastikan Anda mematikan alat elektronik yang tidak digunakan.

3. Pakai Lampu Hemat Energi

Sekarang zaman sudah semakin canggih, teknologi lampu pun berkembang. Kini sudah ada lampu LED yang lebih hemat energi namun nyala lebih terang. Logikanya Anda harus menggunakan lampu hemat energi agar tagihan listrik tidak membengkak.

4. Maksimalkan Timer Alat Elektronik

Sebagian alat elektronik sekarang sudah memiliki fitur timer. Hal tersebut bisa dimanfaatkan agar pemakaiannya tidak berlebihan. Contoh untuk AC atau Air Cooler, kalau Anda menggunakannya sebelum tidur, sebaiknya diberi timer secukupnya, sehingga pemakaian tidak berlebihan.

Fitur-fitur canggih juga sudah ada di lampu penerangan, seperti sensor cahaya, sensor gerak, dan timer. Anda bisa memaksimalkan fitur ini agar lampu-lampu tak menyala sia-sia dan kita tidak lagi repot mematikan lampu.

5. Buat Konsep Rutinitas Dengan Alat Elektronik

Alat-alat elektronik yang rutin dipakai seperti mesin cuci, pompa air, dan magic jar memang sangat penting untuk kebutuhan sehari-hari, kita tidak mungkin mengeliminasi salah satu di antaranya.

Namun kita bisa membuat konsep perencanaan penggunaan alat-alat tersebut. Lakukan kesepakatan dengan orang satu rumah. Pisahkan baju-baju yang bisa dicuci dengan tangan dan yang menggunakan mesin. Sepakati berapa kali maksimal mesin cuci bisa digunakan dalam sepekan. Untuk magic jar, misalnya disepakati maksimal hanya digunakan satu kali dan dimatikan setelah nasi matang. Selain hemat listrik, mengkonsumsi nasi yang tidak dihangatkan cenderung lebih sehat.

Apabila tips-tips tersebut di atas sudah dipraktekkan secara rutin dan konsisten, maka bersiaplah tagihan listrik Anda akan turun dan tak lagi ada perasaan was-was saat cek tagihan listrik. Kalau tagihan listrik sudah turun, kita masih bisa melakukan satu trik lagi agar kita mendapat diskon saat membayar tagihan listrik.

Salah satu rekomendasi adalah cek tagihan listrik dan membayarnya melalui aplikasi Flip. Aplikasi yang berawal dari layanan transfer gratis antar-bank itu kini sudah melebarkan sayap ke berbagai produk digital, salah satunya adalah tagihan listrik.

Sebelum membayar tagihan listrik, Anda bisa langsung mengecek tagihan di aplikasi Flip. Cara cek tagihan listrik pun sangat mudah, tinggal memasukan ID pelanggan ke kolom yang tersedia. Setelah itu langsung bayar menggunakan Flip dan dapatkan diskon-diskon menarik.

Laman resmi flip.id mengklaim bahwa bayar listrik di flip baik prabayar maupun pascabayar dijamin bisa lebih murah. Tentunya hal itu senada dengan tujuan awal meringankan tagihan listrik bulanan.

Selain pembayaran tagihan listrik, Flip juga menyediakan produk digital berupa isi ulang pulsa dan paket data. Fitur ini cocok untuk kalian yang ingin berjualan pulsa atau memang butuh pulsa dengan harga lebih murah dari tempat lain. ***

 

Loading...

Artikel Terkait