Nasional

Menteri Perdagangan Uganda Dorong Pengusaha Hadiri TEI 2022

Oleh : luska - Jum'at, 09/09/2022 16:13 WIB

Nairobi, INDONEWS.ID - Pada tanggal 8 September 2022, Dubes RI Nairobi, Dr. Mohamad Hery Saripudin telah melakukan kunjungan kepada Menteri Perdagangan Uganda, Francis Mwebesa, di Kampala. Menteri Muda Urusan Perdagangan, Ntabazi Harriet, juga turut serta dalam pertemuan dimaksud.

Dubes RI menceritakan kembali kesan pada saat kredential dengan Presiden Uganda, Yoweri Museveni, pada 17 September 2021. Presiden Museveni sangat memahami akan nilai penting Gerakan Non Blok (GNB) dan peran sentral Presiden Sukarno dalam pembentukan organisasi tersebut. Sehingga tercipta kedekatan historis antara Indonesia dengan Uganda.

Lebih lanjut, Dubes RI menyampaikan bahwa dengan kedekatan historis yang ada, akan menjadi modal dasar kedua bangsa untuk meningkatkan hubungan perekonomian kedua negara, salah satunya adalah melalui pembentukan perjanjian Preferential Trade Agreement (PTA) antara kedua negara dan meningkatkan business-to-business contact (B2B). 

Dubes RI juga mengundang Menteri Perdagangan Uganda beserta para pengusaha  untuk menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 di Jakarta pada tanggal 19 – 23 Oktober 2022. Sekaligus meminta dukungan Menteri Perdagangan Uganda dalam rangka penunjukan Konsul Kehormatan di Kampala dan harapannya agar Uganda dapat segera membuka perwakilannya di Jakarta.

Dalam hal ini Menteri Mwebesa menyampaikan terimakasih atas kunjungan Dubes RI, seraya menyampaikan bahwa Pemerintah Uganda c.q. Kementerian Perdagangan siap untuk mendorong hubungan B2B antara Uganda dan Indonesia. Selain itu, Menteri Mwebesa mengharapkan dapat meningkatkan kerja sama perdagangan, dan kerja sama teknik di bidang budidaya kelapa sawit, tembakau, cokelat, teknologi pertanian, pembangunan infrastruktur, dan pengolahan mineral.

Menteri Mwebesa dan Menteri Muda Harriet akan mempertimbangkan dirinya dan delegasi dagang Uganda hadir dalam Trade Expo Indonesia di Jakarta, 19-23 oktober 2022 yang akan datang. Disampaikan bahwa kiranya perlu dilakukan pertemuan awal untuk menjajaki pembentukan PTA antara Indonesia dengan Uganda, serta mengharapkan bantuan Indonesia untuk bekerja sama di bidang pertanian, budidaya tembakau, dan pengelolaan sektor pertanian.
Kedua belah pihak sepakat bahwa kedekatan historis yang ada harus bisa diwujudkan secara nyata dalam bentuk kerjasama diberbagai bidang, terutama kerjasama di bidang ekonomi, perdagangan dan investasi. (Lka)

TAGS : Dubes nairobi

Artikel Terkait