Nasional

Dirjen Bina Pemdes Terima Audiensi DPP PAPDESI

Oleh : luska - Sabtu, 24/09/2022 10:40 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID- Direktur Jendera (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menerima audiensi Perkumpulan Aparatur Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) di Kantor Ditjen Bina Pemdes, Jakarta Selatan, Kamis (22/09/2022).

Dalam pertemuan ini membahas beberapa hal terutama peningkatan kapasitas perangkat desa.

Yusharto mengatakan aspirasi yang telah disampaikan oleh DPP Papdesi akan dikaji lebih dalam. 

Terkait peningkatan kapasitas perangkat desa, pihaknya akan lebih banyak lagi melakukan kegiatan pelatihan 2023 mendatang.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan peningkatan kapasitas, berbagai hal yang selama ini masih menjadi pertanyaan, atau dianggap sebagai sesuatu yang perlu diperbaiki. Ini bisa dipahami sebagai kondisi yang dipahami oleh kepala desa. Kami melihat bahwa peningkatan kapasitas ini, perangkat desa bisa menjadi bagian dari penyelesaian masalah itu sendiri," ujar Yusharto.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Papdesi Wargiyati menerangkan ada beberapa masukan, selain peningkatan kapasitas aparatur desa, ia juga memberikan masukan terkait perpanjangan masa jabatan tanpa periodesiasi.

"Terkait perpanjangan masa jabatan, dikembalikannya hak rekognisi, dan tanpa periodisasi," ujar Wargiyati. 

Wargiyati juga meminta kepada kepala desa yang mencalonkan diri, sebagai calon legislatif, atau jabatan lainnya untuk cuti. (Lka)

Artikel Terkait