Nasional

Hari Batik Nasional di Riga, Latvia

Oleh : luska - Minggu, 02/10/2022 17:35 WIB

Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2022!!

Stockholm, INDONEWS.ID - Pada tanggal 2 Oktober 2022, KBRI Stockholm bekerja sama dengan Batik House Indonesia menyelenggarakan Batik Workshop di Art Museum Riga Bourse di kota Riga, Latvia. 

Kegiatan ini telah berlangsung sejak hari Sabtu, 1 Oktober 2022 hingga hari Minggu, 2 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Batik Nasional. 

Lokakarya melukis batik yang bertempat di Museum ternama di Latvia ini telah diikuti oleh kurang lebih 70 pecinta seni dan kebudayaan warga Latvia yang sebagian besar baru pertama kali mengenali batik Indonesia dan mempraktekan melukis batik. 

“Kegiatan ini telah kami rencankan sejak tahun lalu bersama pihak Art Musem Riga Bourse dengan secara khusus mentargetkan warga pecinta seni dan kebudayaan di Latvia.” Demikian disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Latvia yang berkedudukan di Swedia, Kamapradipta Isnomo.

“Ini adalah bagian dari soft diplomacy Indonesia untuk promosi batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda UNESCO kepada publik di Latvia. Dan pemilihan lokasi di museum tertua dan ternama di negeri ini pada Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2022 adalah keputusan yang menurut hemat kami cukup matang dan tepat.”

Indonesia dan Latvia menjalin hubungan diplomatik sejak 1993. Salah satu dari tiga negeri Baltik ini merupakan salah satu negara anggota Uni Eropa di wilayah Eropa Timur. 

Art Museum Riga Bourse memiliki sejumlah benda seni dan kebudayaan Indonesia, di antaranya dua lukisan karya Raden Saleh.

Latvia dengan penduduk dua juta orang, merupakan mitra dagang dan sumber turis  terbesar Indonesia dari wilayah Baltik. Bali dan Yogyakarta sangat dikenal di Latvia dan merupakan destinasi impian untuk dikunjungi dan berlibur warga Latvia.

 

Artikel Terkait