Nasional

Simak Tanggalnya! Tiga DOB Papua Akan Diresmikan Bareng Pelantikan Pj Gubernur

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 03/10/2022 09:30 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Tiga daerah otonomi baru (DOB) Papua siap diresmikan pada akhir Oktober 2022. Pemerintah pun akan melantik penjabat gubernur di masing-masing provinsi yaitu Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah.

"Jika tidak ada perubahan jadwal, maka paling lambat pada akhir Oktober 2022 ada peresmian tiga DOB Papua sekaligus pelantikan penjabat gubernur," ujar Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo dikutip dari Antara, Senin (3/10).

John menjelaskan tim satuan tugas DOB Papua telah melakukan pemuktahiran data, informasi, dan status lahan yang akan menjadi kantor para penjabat gubernur.

Ia mengatakan dalam undang-undang yang ada, peresmian provinsi dan pelantikan penjabat gubernur dilakukan setelah enam bulan undang-undang diundangkan.

Namun agar tiga daerah bisa mengikuti Pemilu 2024, maka peresmian dan pelantikan perlu dipercepat.

"Kini tahapan pemilu sedang berlangsung, termasuk pendaftaran para calon. Oleh karena itu, penjabat gubernur harus dilantik agar dapat mengikuti Pemilu 2024," kata John Wempi.

"Untuk nama-nama penjabat sudah ada tinggal pelantikan pada Oktober," tambahnya.

Pemerintah sedang menentukan provinsi aman yang akan menjadi lokasi peresmian, karena acara hanya dipusatkan di satu provinsi.*

Artikel Terkait