Gaya Hidup

Ini Kriteria Memilih Kasur yang Mendukung Kesehatan Tulang Belakang

Oleh : very - Senin, 24/10/2022 16:58 WIB

Kasur yang mendukung kesehatan tulang belakang. (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -Tulang belakang  atau yang juga dikenal dengan tulang punggung adalah salah satu bagian penting dalam anatomi tubuh manusia. Menurut bentuknya, ruas tulang belakang termasuk tulang pendek yang menghubungkan berbagai bagian sistem muskuloskeletal (gerak). Tulang belakang terbuat dari serangkaian tulang-tulang kecil (vertebra) yang ditumpuk di atas satu sama lain, mulai dari dasar tengkorak hingga panggul. Di antara tiap vertebra terdapat bantalan seperti gel yang dikenal sebagai cakram, yang berfungsi untuk meredam guncangan sekaligus mencegah tulang saling bergesek satu sama lain. 

Tulang belakang memberikan struktur dan menyokong tubuh, serta melindungi saraf tulang belakang yang terdiri dari saraf-saraf yang mengirimkan dan menerima pesan antara otak dan tubuh, sehingga memungkinkan fungsi organ yang sehat serta pengendalian gerakan. Secara umum, tulang belakang berperan besar untuk menopang tubuh dan membantu manusia berjalan.

Secara umum, struktur tulang belakang dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

•    Tulang Servikal (Tulang Leher)

Bagian ini terdiri dari tujuh ruas (C1-C7) yang fungsi utamanya adalah menopang kepala. Gangguan pada bagian ini bisa menyebabkan sakit leher, atau nyeri yang menjalar ke lengan, tangan, dan jari.

•    Tulang Torakal (Tulang Punggung Atas)

Bagian ini terdiri dari dua belas ruas (T1-T12) yang berhubungan dengan tulang dada dan tulang iga. Tulang-tulang ini membentuk struktur yang stabil dan kokoh. Gangguan pada area ini jarang berkaitan dengan tempat tidur.

•    Tulang Lumbal (Tulang Punggung Bawah)

Terdiri dari lima ruas (L1-L5). Bagian ini memiliki fleksibilitas serta ruang gerak yang luas. Fungsinya adalah untuk menopang berat badan dan gerakan tubuh. Itu sebabnya bagian ini paling sering mengalami nyeri atau masalah tulang belakang lainnya.

 

Kaitan Pemilihan Kasur dengan Nyeri Tulang Belakang

Sakit punggung dan nyeri tulang belakang adalah beberapa keluhan yang sering dialami masyarakat. Bisa karena stres, gaya hidup, atau cedera. Namun, ada lagi satu faktor yang mungkin tak terpikirkan, yaitu tempat tidur. Salah satu hal yang berkontribusi memunculkan nyeri tulang belakang adalah pemilihan kasur. 

Sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa kasur tidur Anda berkaitan erat dengan kualitas istirahat. Bila kasur terlalu empuk atau terlalu keras, bisa terjadi gangguan pada tulang belakang. Kasur yang tidak ramah untuk tulang belakang akan mengakibatkan tekanan yang menyebabkan bantalan atau ruas tulang mengalami degenerasi, yaitu proses tulang kehilangan kekuatan atau kepadatannya. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya penyempitan antar ruas tulang belakang yang bisa menekan saraf dan menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada saraf skiatika. Rasa nyerinya bisa menjalar sampai ke pinggul, bokong, tungkai, sampai ke jari kaki. Nyeri yang dirasakan berupa kram, nyeri panas, hingga sensasi seperti tersengat listrik ketika penyandangnya duduk terlalu lama, bersin, atau batuk.

 

Lalu bagaimana kriteria memilih kasur yang mendukung kesehatan tulang belakang?

Seperti diungkapkan oleh Fajri, _Head of Marketing_ PT. Royal Abadi Sejahtera, produsen kasur Tote Bed, memang ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih kasur yang dapat mendukung kesehatan tulang belakang. 

“Di antaranya kasur tidak boleh terlalu keras dan terlalu empuk. Karena kalau terlalu keras dapat memberikan tekanan yang berlebih pada tulang belakang. Sebaliknya kasur yang terlalu empuk, dapat membuat tubuh terlalu “tenggelam” ke dalam kasur, sehingga ruas tulang belakang tidak mendapatkan topangan yang semestinya,” jelas Fajri. 

Kriteria lainnya kasur juga harus menggunakan material yang baik, pegas penopangnya haruslah kokoh, material busanya harus memiliki tingkat kerapatan atau densitas yang tinggi, sehingga dapat dengan sempurna menopang tubuh.

Kasur Tote Bed sendiri selalu memperhatikan kualitas produknya, tidak hanya pada komponen bahan baku yang dipilih, melainkan juga mengutamakan layanan purna jualnya. Tote Bed bahkan berani memberikan garansi sampai dengan 15 tahun untuk kekokohan pegasnya.

"Ini merupakan bentuk komitmen kami dalam meyakinkan konsumen Tote Bed, bahwa kasur ini layak untuk dipilih," kata Fajri menutup obrolan. ***

Artikel Terkait