Nasional

Ketua PSP, Universitas Pancasila: Generasi Muda Antusias dalam Wacana Akademik Aktualisasi Pancasila

Oleh : luska - Jum'at, 28/10/2022 14:42 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Bekerjasama dengan Sekjen MPR-RI, Pusat Studi Pancasila (PSP), Universitas Pancasila  menyelenggarakan Simposium Nasional bertajuk “Pancasila sebagai Jiwa Bangsa dan Call for Papers  untuk Penguatan 4 Pilar Bagi Generasi Muda” di Hotel Aloft South, Jakarta, 27 Oktober. Simposium tsb. merupakan rangkaian kegiatan perayaan hari ulang tahun ke-56 Universitas Pancasila yang jatuh pada 28 Oktober 2022. Simposium yang diselenggarakan  baik secara online maupun offline tsb. diikuti oleh sekitar 200 peserta dari berbagai provinsi.

Sebagai narasumber dihadirkan Prof. Adji Samekto  (Deputi Pengkajian dan Materi BPIP Periode 2018-2022), Prof. Dr. Agus Surono, SH.,MH (Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Pancasila). Prof. Dr. Muhammad Arifin Gultom, SH.,M.Hum (Guru Besar Ilmu Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara) dan Dr. Rieke Diah Pitaloka (Anggota Badan Pengkajian MPR-RI).

Sebagai bagian dari simposium tsb., PSP juga mengadakan acara “Call for Papers”, berupa perlombaan penulisan karya akademik untuk mahasiswa se-Indonesia. Simposium dan lomba tsb. terselenggara juga berkat kolaborasi antara PSP Universitas Pancasila dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universitas Muhammadiyah Tangerang. Lomba tsb. diikuti oleh 184 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di 22 provinsi. 

Dalam kata sambutannya, Ketua PSP Universitas Pancasila, Dr. Darmansjah Djumala, MA, menyatakan dirinya sangat tersentuh melihat besarnya animo mahasiswa seluruh Indonesia untuk mengikuti lomba tsb. Antusiasme mahasiswa menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk karya akademik adalah refleksi kepedulian generasi muda yang tinggi terhadap aktualisasi dan pembumian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegera, berbangsa dan bermasyarakat.

Diungkapkan oleh Dr. Djumala bahwa paper terbaik yang memenangkan perlombaan tsb. nantinya akan dipublikasikan di jurnal ilmiah MPR, Universitas Pancasila, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH, MH, dalam kata pengarahannya mengapresiasi kerjasama yang diberikan oleh Sekjen MPR-RI demi terselenggaranya simposium dan lomba karya ilmiah tsb. Disampaikan harapan bahwa ke depan kerjasama seperti ini perlu untuk dilanjutkan terutama dalam upaya mengaktualisasikan dan membumikan Pancasila di kalangan generasi muda dan mahasiswa.

Dengan kerjasama ini ke depan diharapkan agar Universitas Pancasila dapat menjadi “center of excellence” dalam studi Pancasila, sekaligus menjadi pelopor dalam upaya mengaktualisasikan Pancasila melalui program-program konkrit yang melibatkan mahasiswa secara langsung. 

Setelah melalui seleksi ketat, juri lomba Call for Papers memutuskan pemenangnya, untuk kategori paper terbaik: juara 1 Garuda Era Ruhpinesthi (Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada), juara 2 Kadek Ayu Paramita Jayanti (Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana), juara 3 Asanayla Salsabyla (Fakultas Teknik, Politeknik Negeri Samarinda) dan juara  4 Ania Eka Mulyarani (Fakultas Psikologi, Universitas Semarang).

Untuk kategori presentasi terbaik, juara 1 Mohamad Roky Huzaeni (Fakultas Hukum, Universitas Jember),   juara 2 Hemalia Kusumadewi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya), juara 3 Ahmad Nashikhul Huda (Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Ampel Surabaya) dan juara  4  Putiksari Zahra (Fakultas Farmasi, Universitas Pancasila).

Artikel Terkait