Nasional

Ini Penjelasan Kapolda Terkait Situasi Papua usai KPK Periksa Lukas Enembe

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 04/11/2022 09:54 WIB

Gubernur Papua Lukas Enembe dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. (Foto:Puspen Kemendagri)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakiri memastikan kondisi di Papua aman usai pemeriksaan Gubernur Papua Lukas Enembe oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (4/11).

"Saya selaku Kapolda Papua bersyukur mempunyai teman-teman media yang dari waktu ke waktu memberikan pemberitaan yang luar biasa baik, sehingga wajah Papua itu tidak terjadi saling bermusuhan. Publik pun mendapatkan informasi-informasi yang benar tentang KPK dan Lukas Enembe, sehingga masyarakat pun tidak was-was dan menduga-menduga sehingga membuatu situasi tidak terganggu," ujar Mathius Fakiri kepada wartawan di Jayapura.

Sementara terkait materi pemeriksaan, polisi menyerahkan sepenuhnya kepada KPK. Menurutnya, keluarga besar Lukas dan masyarakatnya cukup koperatif.

"Mari kita jaga dan fokus pada situasi Papua dengan memberikan kontribusi kepada masyarakat lain, dalam rangka menangapi proses hukum KPK dan Lukas Enembe sehingga terhindar dari hal-hal yang negatif," sebut Fakiri.

Mathius menegaskan pihaknya dalam posisi mempersiapkan diri sembari menunggu untuk langkah-langkah berikutnya dari KPK.

"Pihak KPK sudah menyampaikan bahwa ke depannya adalah pemeriksaan kesehatannya Pak Lukas. Kita dorong dan kita hentikan berita-berita hoaks yang tidak menguntungkan bagi kita di Tanah Papua," tutur Mathius.

Disingung soal pengamanan, Kapolda menuturkan, bahwa tidak ada yang berlebihan dalam pengamanan KPK ke kediaman Lukas Enembe.

"Kesiap-siagaan Polri kita siap untuk membantu KPK dalam proses pemeriksaan itu bisa berjalan. Ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara Polri, TNI, dan masyarakat, khususnya keluarg besar pak Lukas yang menjaga dikediamannya itu," pungkasnya.

Artikel Terkait