Nasional

Pj Bupati Maybrat Bersama Forkompinda Pimpin Pemulangan Masyarakat Eksodus Kisor Raya, Distrik Aifat Selatan

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 09/11/2022 11:50 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Pj Bupati Maybrat, Dr. Bernhard E. Rondonuwu, S.Sos. M.Si bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maybrat memimpin kepulangan masyarakat eksodus Kisor Raya, Distrik Aifat Selatan, Papua pada Selasa (8/11/22).

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Maybrat menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat terlaksana karena adanya kolaborasi antara Pemda bersama Forkopimda dalam merespon harapan dari masyarakat eksodus untuk dapat kembali ke kampung masing-masing. Dia menegaskan, Pemda bersama Forkopomda juga akan memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat merasa aman.

Dia menambahkan Pemda juga menjamin akan memberikan pelayanan publik berupa penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan kepada masyarakat eksodus. Hal ini dibuktikan dengan diikutsertakannya kepala OPD terkait untuk mendata kebutuhan masyarakat dalam memulai kembali aktivitas akibat sudah lama meninggalkan kampung masing-masing.

"Hal-hal yang menjadi prioritas adalah pendataan kebutuhan logistik, pelayanan kesehatan dan pendidikan, kondisi jalan serta kondisi rumah ibadah dan rumah masyarakat yang rusak, yang setelah pendataan selesai akan segera ditindaklanjuti oleh Pemda," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Forkopimda Maybrat secara simbolis memberikan bantuan logistik kepada 9 kepala kampung Kisor Raya Distrik Aifat Selatan. Selanjutnya, secara bersama-sama Forkopimda Maybrat melakukan pemantauan langsung kondisi Sekolah, Puskesmas dan Rumah Ibadah.

Selepas kegiatan tersebut, Pj Bupati Maybrat bersama Forkopimda membuka secara resmi kegiatan penyerahan alat berat untuk perbaikan jalan di Mare Selatan pada Selasa (8/11/22) sekitar Pukul 14.46 WIT bertempat di Kantor Distrik Mare Selatan. Penyerahan alat berat atau Excavator untuk mengerjakan pekerjaan jalan menuju lima kampung titik bencana ( Banjir).

Kegiatan dipimpin oleh Dr. Bernhard E. Rondonuwu, S.Sos. M.Si selaku Pj. Bupati Kab Maybrat dengan didampingi Kapolres Maybrat, Dandim 1809/Maybrat, Angelbertus Turod, SP, M.Si selaku Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setda Kab. Maybrat, Teopilus yam, S.sos selaku Kepala dinas PU Kab. maybrat), Yonas Yewen selaku Anggota DPRD Kabupaten Maybrat , Welem Fawan Kadistrik Mare Selatan ), Dominggas. A. Sera, S.IP Kadistrik Mare dan Warga masyarakat di Distrik Mare Selatan.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Maybrat menyampaikan kegiatan tersebut terlaksana sebagai bentuk perhatian pemerintah, dimana sekitar dua bulan yang lalu sudah datang melihat langsung kondisi jalan yang rusak sehinnga menghambat aktivitas masyarakat

Dia menegaskan pemerintah Kabupaten Maybrat akan memperbaiki jalan sehingga akses jalan bisa lebih mudah digunakan oleh warga masyarakat.

Pj Buapti Maybrat mengharapkan aga Kepala Distrik, kepala kampung, Tokoh adat, tokoh Agama dapat mengawal selama proses pekerjaan jalan hingga selesai.

Dia juga menyampaikan bahwa pemerintah pusat melalui pemerintah daerah melaksanakan tugas - tugas dalam melayani warga masyarakatnya merupakan perwujudan pemerintah hadir di tengah - tengah masyarakat.

"Upaya pemerintah Kabupaten Maybrat bertujuan untuk melayani masyarakat dan membuat, serta membangun kabupaten Maybrat ini jauh lebih baik," tegasnya.*

Artikel Terkait