Opini

Pudji Yang Peduli Lingkungan

Oleh : luska - Senin, 21/11/2022 16:20 WIB

Keluarga Irjen Pol (P) Drs Pudji Hartanto Iskandar, MM mantan Kapolda Sulsel & keluarga Dr A. Wahyurudhanto, M.Si yang peduli terhadap lingkungan hidup.

Beliau bersama keluarga berkunjung ke areal konservasi orangutan di Samboja Lestari, seluas sekitar 1.800 ha milik Yayasan Penyelamatan Orangutan Borneo (BOS) dan melihat orangutan yang ada di pulau-pulau buatan di dalam kawasan Samboja Lestari. Saat ini, Yayasan BOS di Samboja Lestari merawat 126 orangutan dan 69 beruang madu. 

Setelah mendapatkan penjelasan tentang konservasi orangutan dan habitatnya dari Bapak Dr. Aldrianto Priadjati, selaku Program Manajer Regional Kalimantan Timur, beliau bersama dengan keluarga meninjau ke lokasi suaka beruang madu dan rehabilitasi lahan kritis alang-alang menjadi hutan kembali serta melihat tantangan perambahan dan pertambangan batubara ilegal. Kegiatan yang tengah dilakukan Yayasan BOS sangatlah membanggakan dan dapat dijadikan salah satu tempat pembelajaran dalam pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan. 

Pada hari ini, bertepatan dengan hari pohon sedunia, Pudji Hartanto & Wahyu Rudhanto, menyempatkan melakukan penanaman pohon. Pada kesempatan ini, Pudji Hartanto menanam pohon matoa (Pometia pinnata) dan pohon kecapi (Sandoricum koetjape) ditanam oleh Wahyu Rudhanto. Kegiatan penanaman pohon ini adalah bentuk dukungan agar areal hutan di Samboja Lestari tetap lestari dan di masa yang akan datang bisa berguna bagi makhluk hidup lainnya. Selain itu, hutan yang terjaga dan lestari dapat memberikan manfaat yang besar bagi manusia, yaitu: air bersih, udara yang bersih, dan mencegah banjir dan erosi.

Pada kesempatan tersebut, mantan Dirjen Perhubungan Darat Pudji juga mengharapkan agar masyarakat sekitar dapat turut serta menjaga kelestarian hutan dengan tidak menebang pohon sembarangan, tidak melakukan perambahan hutan dan juga tidak melakukan penambangan secara ilegal, seperti tambang batu bara ilegal.

Harapan Pudji yg saat ini sebagai Komisioner Kompolnas semoga hal baik ini menjadi motivasi bagi kita bersama untuk terus menyelamatkan lingkungan bagi anak cucu kita dan juga generasi yang akan datang.

Artikel Terkait