Nasional

Wisuda Politeknik STIA LAN Jakarta Tahun 2022

Oleh : luska - Sabtu, 03/12/2022 19:55 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan kegiatan Wisuda ke-59 Politeknik STIA LAN Jakarta untuk program Sarjana Terapan Angkatan IV, Magister Terapan Angkatan V dan Doktor Terapan Angkatan I, di Grha Makarti Bhakti Nagari LAN RI, Sabtu 3 Desember 2022. 

Tema wisuda yang diusung tahun ini adalah "Transformasi ASN dalam Pemanfaatan Digital Governance untuk Pemulihan Bangsa dan Negara"

Kegiatan wisuda ini diikuti sebanyak 101 orang wisudawan, yang berasal dari Program Sarjana Terapan, Magister Terapan, dan Doktor Terapan. Dengan wisuda ini, total alumni Politeknik STIA LAN Jakarta menjadi 23.369, tersebar di seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah.

Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA., menyampaikan bahwa tema wisuda tahun ini dipilih agar relevan dengan dinamika global governance yang sangat bergejolak. Sebagai gambaran, pandemi global Covid-19 telah memaksa kita untuk beradaptasi, bahkan bertransformasi melahirkan inovasi dengan memanfaatkan TIK.

Dalam wisuda tahun ini, untuk pertama kalinya Politeknik STIA LAN Jakarta telah meluluskan seorang Doktor Bidang Administrasi Pembangunan Negara Terapan pertama dari Program Studi Doktor Terapan Administrasi Pembangunan Negara pertama di Indonesia.

Pada wisuda kali ini, IPK tertinggi yang diraih oleh wisudawan sarjana terapan adalah Fahmy Ardiasni dengan IPK 3,75, Vinny Octaviani dengan IPK 3,75 dan Rica Aditya dengan IPK 3,78. Wisudawan dengan IPK tertinggi program Magister Terapan diraih oleh Decky Subarja dengan IPK 3,89 dan Doktor Terapan diraih oleh Erna Irawati dengan IPK 3,96.

Lulusan termuda Politeknik STIA LAN Jakarta berusia 22 tahun 3 bulan dari Program Sarjana Terapan, dan wisudawan paling senior berusia 51 tahun 3 bulan dari Program Magister Terapan.

Dalam sambutannya, Kepala Lembaga Administrasi Negara yang diwakili oleh Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) Dr. Agus Sudrajat, MA., mengatakan bahwa birokrasi sebagai salah satu unsur negara diharapkan semakin semakin agile dan mampu beradaptasi dengan dinamika krisis di berbagai sektor. Perubahan mindset dan pola kerja dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui pengembangan digital governance menjadi prasyarat utama. ASN kedepan harus memiliki karakter melayanani yang ditopang dengan kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural, dikombinasikan dengan kecakapan adopsi teknologi informasi. Perwujudan digital governance yaitu terciptanya kerangka kerja yang digunakan untuk mendefinisikan tanggung jawab, peran, dan otoritas pengambilan keputusan organisasi berbasis digital, sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih efektif dan efisien.

Kegiatan wisuda juga diselingi dengan hiburan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara yang menyanyikan lagu2 daerah, kebangsaan hingga lagu populer dan UKM Tari yang mempersembahkan tarian "Kinang Kilaras".

Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta didampingi perwakilan wisudawan, UKM Padus dan seluruh wisudawan turut bergembira menyanyikan lagu "Something just like This" dan "Ojo Dibandingke".

Kegiatan wisuda tahun 2022 ini secara umum berlangsung hikmah, lancar, dan sakral. (Lka)

Artikel Terkait