Piala Dunia Qatar 2022

Baru 31 Tahun, Eden Hazard Tinggalkan Timnas Belgia

Oleh : Rulin Purba - Rabu, 07/12/2022 23:34 WIB

Eden Hazard (Belgia/Real Madrid). (Foto: fifa)

indonews (Qatar) - Dari segi usia, kapten tim Belgia Eden Hazard punya kesempatan satu atau dua kali lagi tampil di Piala Dunia. Tapi punggawa klub Real Madrid itu punya keputusan lain, pensiun dini.

Seperti halnya pelatih Roberto Martinez, Hazard merasa gagal membawa The Red Devils di Qatar 2022, setidaknya untuk masuk semifinal seperti di Piala Dunia sebelumnya, edisi 2018. Menjadi favorit di Grup F, Belgia justru tereliminasi di babak awal dengan hasil sekali menang, sekali drawa dan sekali kalah. Hazard dkk harus relakan Maroko dan Kroasia yang melaju ke 16 Besar.

Belgia datang ke Qatar dengan pemain yang disebut generasi emas yang dipersiapkan ke Euro 2024 dan Piala Dunia 2026. Tadinya, Hazard didapuk jadi penuntun generasi ini. 

Hari ini Hazard memutuskan finish setelah 14 tahun tanpa putus menjadi pemain andalan negerinya.

"Hari ini saya membuka halaman baru," tulis Hazard melalui Instagram.

"Terima kasih atas cinta Anda. Terima kasih atas dukungan Anda yang tak tertandingi. Terima kasih atas semua momen menyenangkan yang telah kita bagi sejak 2008. Hari ini saya memutuskan untuk mengakhiri karir saya sebagai pemain internasional. Generasi berikutnya sudah siap. Saya akan pergi untuk sangat merindukanmu."

Hazard menjadi salah satu gelandang serang terbaik dunia pada eranya. Untuk timnas Belgia yang sudah ia perkuat sejak level tim U15, ia sudah cetak 33 gol dari  126 penampilan.

Saat memperkuat klub Lille dan Chelsea, ia juga terbulang produktif mencetak gol meski bermain di lini tengah. Saat di Chelsea (2012-2019) ia cetak 85 gol dalam 245 penampilan.

Tapi setelah pindah ke Real Madrid sejak 2019, performanya rada mandek. Baru 4 gol dalam 51 penampilan.

Bisa jadi pilihan pensiun dari timnas ini akan dijadikan Hazard untuk menyelamatkan karirnya di Santiago Bernabeu. (rnp)

Artikel Terkait