Piala Dunia Qatar 2022

Belanda vs Argentina, Van Dijk vs Messi

Oleh : Rulin Purba - Kamis, 08/12/2022 20:41 WIB

Virgil van Dijk (Belanda). (Foto: sportbrief)

Indonews (Qatar) - Duel Belanda dengan Argentina selalu menarik dan selalu ditarik pada duel besar mereka di final Piala Dunia 1978. Di Qatar 2022 kedua tim bentrok di 8 Besar pada Jumat (9/12) pukul 22.00 WIB.

Tentu saja bintang lapangan di laga ini adalah Lionel Messi, penyerang Argentina yang 7 kali terpilih sebagai Pemain Terbaik Dunia dan berambisi meraih gelar dunia setelah gagal di 4 piala dunia sebelumnya.

Artinya, pasukan Louis van Gaal kudu memberi perhatian ekstra buat pemain PSG itu. Siapa yang akan ditugaskan Van Gaal?

Kemungkinan besar peran itu jatuh kepada centre back The Orange, Virgil van Dijk. Dan, ini punya cerita tersendiri sehingga laga kali ketiga antara kedua pemain ini akan jadi daya tarik tersendiri pula. 

Van Dijk (Liverpool) dan Messi (saat di Barcelona) bertemu di semifinal Liga Champions 2018/19. Pada laga pertama di Nou Camp, tuan rumah menang 2 kosong berkat gol Messi. Tapi, di laga tandang ke Liverpool, Messi dkk tak berkutik dan digulung The Reds 4-0. Dan, sukses itu salah satu faktor kuncinya karena Van Dijk sukses menjaga dan membuat Messi tak berdaya.

Bagaimana di pertemuan ketiga dalam perebutan tiket ke semifinal Qatar 2022, besok malam?

"Ia adalah salah satu the best player sepanjang masa.Tapi kami tak mempersiapkan diri untuk melawannya. Ini bukan Belanda versus Messi. Ini adalah Belanda melawan Argentina," kata Van Dijk yang mengaku selalu respek pada Messi.

Messi juga respek kepadanya. Di mata Messi, Van Dijk tak hanya hebat menjaga wilayahnya, tapi juga berperan besar mengatur serangan bahkan acap menyumbang gol.

"Badannya besar dan tinggi. Tapi, ia cepat dan sangat lincah karena langkahnya yang luar biasa. Ia mengesankan," komentar Messi.

Jadi tak akan salah jika dari 22 pemwin yang berada di lapangan, pergerakan kedua orang itu akan jadi usat perhatian sendiri. (rnp)

 

Artikel Terkait