Nasional

Pangdam Kasuari dan Pj Bupati Maybrat Berikan Jaminan Keamanan serta Aajak Masyarakat Bangun Kabupaten Maybrat

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 10/12/2022 18:20 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Pangdam XVIII/Kasuari, Gabriel Lema S.Sos, Danrem 181/PVT Wawan Erawan S.E., M.M, Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol Pria Primus, S.I.K, Pj Bupati Maybrat Dr. Bernhard E Rondonuwu, S.Sos, M.Si beserta jajaran bersama sama berkumpul di Pos Satbrimob yang terletak di Kampung Fankario Distrik Aifat Timur pada hari Sabtu 10, Desember 2022. Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan kegiatan pada hari ketiga dalam rangkaian kunjungan kerja Pangdam XVIII/Kasuari beserta rombongan di wilayah Kabupaten Maybrat.

Adapun kegiatan pertama pada hari ketiga ini adalah meninjau langsung kondisi kemanan kampung kamat distrik aifat timur yang merupakan basis TPNPB-OPM yang sudah ditinggalkan. Selain itu, dilakukan juga pemantauan pada kondisi infrastruktur seperti jalan yang rusak dan rumah-rumah yang mengalami kerusakan ringan akibat sudah lama ditinggalkan oleh penduduk.

Dalam kesempatan ini, di depan Gereja Katolik Santo Mikael Kamat, Pangdam XVIII/Kasuari menyampaikan "kami di sini adalah bagian dari tugas negara dan bagian dari pemerintah yang harus terus bergiat untuk memastikan situasi kondisi berbangsa dan bernegara. Sekarang kami berada di kampung Kamat Distrik Aifat Timur kabupaten Maybrat dimana situasi kondisi saat ini secara baik dan aman".

"Secara perlahan masyarakat yang menjadi bagain kehidupan berbangsa dan bernegara yang dipimpin langsung wilayah oleh Bupati, Dandim, Kapolres sudah berupaya untuk memberikan suatu kondisi yang aman dan nyaman dalam rangka mereka yang sementara berada di tempat - tempat keluarga yang ada di kampung - kampung Maybrat agar bisa kembali untuk melakukan aktivitas seperti yang sudah ada dulu."

Pada kesempatan yang sama Pj Bupati Maybrat menyatakan bahwa kampung Kamat sudah berada dalam kendali pemerintah dengan adanya dukungan kemanan yang penuh dari Pangdam XVIII/Kasuari beserta jajaran.

Pj Bupati juga menyampaikan Pemerintah hadir untuk melindungi dan mensejahterahkan masyarakat dan mengajak bersama-sama masyarakat untuk membangun Kabupaten Maybrat menjadi lebih baik, terutama adanya harapan kepada masyarakat eksodus yang tersebar di sekitar Sorong Raya untuk dapat kembali ke kampung-kampung masing masing merayakan natal dan beraktifitas seperti sedia kala.

Kegiatan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Kp. Susumuk untuk melakukan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Rumah masyarakat yang terkena musibah akibat Banjir oleh Pangdam XVIII/Kasuari, Danrem 181/PVT, Pj Bupati Maybrat, beserta rombongan.

Kegiatan pun diakhiri dengan perjalanan rombongan menuju ke Pos Satgas Kp. Kisor untuk bersilahturahmi dengan masyarakat eksodus yang sudah kembali serta Pangdam XVIII/Kasuari akan bermalam di Kampung Kisor untuk mengikuti giat ibadah Misa pada hari minggu di kampung kisor.*

Artikel Terkait